PENGARUH MODEL ORIENTASI, ANALISIS, SINTESIS, INVESTIGASI, SINERGI (OASIS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI TEORI KINETIK GAS (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Pelajaran 2023/2024)

SASMITA, YOPI WILIYANA (2024) PENGARUH MODEL ORIENTASI, ANALISIS, SINTESIS, INVESTIGASI, SINERGI (OASIS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI TEORI KINETIK GAS (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Pelajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (12kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (191kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (223kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (125kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (397kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (202kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (201kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (140kB)
[img] Text
13. BAB 2.pdf

Download (417kB)
[img] Text
14. BAB 3.pdf

Download (701kB)
[img] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
19. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 1 Cihaurbeuti, diketahui bahwa hasil belajar kognitif peserta didik masih tergolong kurang baik salah satunya pada materi teori kinetik gas yang masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 70, dikarenakan metode pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah. Selain itu, kurangnya inovasi dalam penggunaan model dalam pembelajaran fisika menyebabkan pembelajaran fisika menjadi kurang menarik bagi peserta didik sehingga hasil belajar kognitif perlu untuk ditingkatkan. Salah satu solusi yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Orientasi, Analisis, Sintesis, Investigasi, Sinergi (OASIS). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran OASIS terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi teori kinetik gas kelas XI SMA Negeri 1 Cihaurbeuti. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi exsperimental design karena penelitian ini merupakan penelitian pendidikan dengan objek yang digunakannya berupa manusia. Desain penelitian yang diterapkan adalah nonequivalent control group design, Dimana kedua kelas sampel penelitian akan menjalani tes sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri Cihaurbeuti tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 7 kelas.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling untuk memilih dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar kognitif (C1, C2, C3) peserta didik dilakukan tes sebelum perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk uraian bejumlah 6 soal pada materi pokok teori kinetik gas. Teknik analisis data yang akan digunakan adalah uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikasi (

Item Type: Thesis (Sarjana)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:56
Last Modified: 13 Aug 2024 02:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13181

Actions (login required)

View Item View Item