ANALISIS PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER DENGAN PENDEKATAN UTAUT MODEL DI PRIANGAN TIMUR

Nurhaliza, Jihan (2024) ANALISIS PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER DENGAN PENDEKATAN UTAUT MODEL DI PRIANGAN TIMUR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
5. PEDOMAN & KATA PENGANTAR.pdf

Download (263kB)
[img] Text
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf

Download (47kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (635kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (221kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)

Abstract

Perilaku menggunakan atau use behavior mengacu pada frekuensi penggunaan teknologi oleh individu. Intensitas penggunaan suatu teknologi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, menrut studi pendahuluan yang dilakukan pada 30 responden memilih effort expectancy, social influence dan facilitating condition menjadi konstruk yang dapat mempengaruhi individu untuk menerim dan menggunakan teknologi. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor apa saja yang relevan dengan individu dalam menerima dan menggunakan fitur shopee paylater yang kini banyak digunakan serta dinormalisasi oleh masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner. Kemudian populasi dan sampel pada penelitian ini adalah pengguna shopee paylater yang ada di wilayah Priangan Timur yang mencakup Kota Garut, Kab. Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kab. Ciamis, Kab. Pangandaran dan Kota Banjar dari berbagai kalangan sebanyak 215 responden. Teknik analisis data dan uji hipotesis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM�PLS) dengan software SmartPLS 3. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Effort Expectancy (X1), Social Influence (X2) dan Facilitating Condition (X3) berpengaruh signifikan terhadap Behavior Intention (Z), Effort Expectancy (X1), Social Influence (X2) dan Facilitating Condition (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap Use Behavior (Y), kemudian Behavior Intention (Z) mampu memediasi Effort Expectancy (X1), Social Influence (X2) dan Facilitating Condition (X3) terhadap Use Behavior (Y) sehingga menunjukan pengaruh yang signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberi pertimbangan kepada para pengguna shopee paylater agar tidak mudah terpengaruh oleh kemudahan, pengaruh sosial serta kondisi fasilitas yang ada pada shopee paylater. Karena penggunaan shopee paylater diluar kemampuan pengguna dalam membayar akan mengganggu kondisi finansial atau pengelolaan keuangan suatu individu. Kata Kunci: Use Behavior, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition, Behavior Intention, Shopee Paylater

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:52
Last Modified: 14 Aug 2024 08:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13166

Actions (login required)

View Item View Item