OKTAVIANI, NURUL (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK (Kuasi Eksperimen pada Pembelajaran Fisika Kelas Xl MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (60kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (226kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (219kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (327kB) |
|
Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (119kB) |
|
Text
6. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (266kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (179kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (139kB) |
|
Text
9. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (253kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (151kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (425kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (725kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (762kB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah. Hal tersebut terlihat pada hasil nilai rata-rata ulangan harian gelombang mekanik sebesar 69,14 sedangkan nilai KKM yang ditentukan di sekolah yaitu sebesar 75. Solusi yang ditawarkan dengan menerapkan model pembelajaran mastery learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mastery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gelombang mekanik di SMA Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya sebanyak 4 kelas dengan jumlah peserta didik 142 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling dan terpilih kelas homogen yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik dilakukan tes sebanyak 2 kali yaitu pretest dan posttest berbentuk pilihan ganda pada materi gelombang mekanik sebanyak 25 soal yang memuat level kognitif C1 hingga C4. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), uji hipotesis (uji-t), dan uji N-Gain. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikansi (0,05) menunjukkan bahwa setelah penggunaan model mastery learning diperoleh
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 01:14 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 01:14 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13070 |
Actions (login required)
View Item |