ANITASA, MAYA (2024) PENGARUH MODEL SKIMMING, MIND MAPPING, QUESTIONING, EXPLORING, WRITING, COMMUNICATING (SIMAS ERIC) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (251kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (176kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (6kB) |
|
Text
6 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (88kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (146kB) |
|
Text
8 BAB 1.pdf Download (236kB) |
|
Text
9 BAB 2.pdf Download (302kB) |
|
Text
10 BAB 3.pdf Download (408kB) |
|
Text
11 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) |
|
Text
12 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
|
Text
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
Abstract
Maya Anitasa. 2024. PENGARUH MODEL SKIMMING, MIND MAPPING, QUESTIONING, EXPLORING, WRITING, COMMUNICATING (SIMAS ERIC) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa serta kurangnya inovasi penggunaan model pembelajaran fisika di kelas. Rendahnya hasil belajar kognitif siswa dilihat dari nilai ulangan rata-rata setiap kelas masih belum mencapai KKM sepenuhnya. Padahal hasil belajar kognitif merupakan tolak ukur keberhasilan belajar siswa. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model Pembelajaran Skimming, Mind Mapping, Questioning, Exploring, Writing, Communicating (SIMAS ERIC) dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model SIMAS ERIC terhadap hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experiment dengan desain penelitian posttest only design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas X MIPA di SMAN 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 7 kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar kognitif dilakukan setelah perlakuan (Posttest) berbentuk tes pilihan ganda tingkat 2 sebanyak 10 soal pada materi usaha dan energi dengan alokasi waktu 60 menit. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 06:42 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 06:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13058 |
Actions (login required)
View Item |