CHOERUNISA, ANNISA (2024) UPAYA ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI BELAJAR PADA ANAK USIA DINI (Studi pada Orang Tua di Lingkungan Ciherang Kelurahan Linggasari Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (30kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (187kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (426kB) |
|
Text
HALAMAN PENGUJI.pdf Download (240kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (63kB) |
|
Text
ABSTRACT-1.pdf Download (70kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (706kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (65kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (60kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (60kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (61kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (143kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (223kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (143kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (67kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat pada umumnya menjadi tempat terlaksananya pendidikan, dimana proses akan terjadi secara direncanakan dan tidak direncanakan. Fokus utama dalam terjadinya proses pendidikan ialah murid atau peserta didik, mereka menjadi penerima ilmu yang disampaikam dari pendidik melalu proses pembelajaran. Sejak dari mereka menginjak usia anak-anak, atau bisa kita sebut usia balita banyak yang sudah melakukan kegiatan belajar pembelajaran melalui program persekolahan Pendidikan Anak Usia Dini. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian yang bersifat deskripsi, dimana penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan informasi dan data yang dibutuhkan mengenai Peran orang tua dalam mendapingi anak usia dini belajar.Orang tua merupakan contoh pertama bagi anak-anaknya. Meniru dan memperagakan semua yang dilakukan. Hal ini menjadi sebuah tanggungjawab yang besar bagi sebagian orang tua melihat bagaimana pekerjaan rumah dan membersamai anak harus seimbang. Namun dengan adanya sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD) membuat beberapa orang tua merasa terbantu untuk perkembangan motorik anak. Orang tua akan memberikan waktu kepada anaknya ketika mereka sedang dalam keadaan emosinya tidak stabil, memberian ruang untuk mereka mengembalikan kestabilan emosinya. Memberikan fasilitas memadai di rumah untuk anak melakukan pembelajaran, dan mempraktekan secara langung menggunakan sarana dan prasarana tersedia, dan membuat kerajinan untuk alat praga pembelajaran. Melalui pembelajaran di rumah membuat hubungan antara anak dan orang tua semakin dekat, memudahkan orang tua untuk memberikan pembelajaran bagaimana mengekspresikan perasaan kasih dan sayang, suka dan benci Kata kunci: orang tua, tenaga pendidik, PAUD
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 01:01 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 01:01 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13024 |
Actions (login required)
View Item |