NURFADILAH, SITI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL PADA MATERI DILATASI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (303kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (107kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (211kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (75kB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (133kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (98kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (465kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (229kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kecerdasan emosional pada materi dilatasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan adalah angket kecerdasan emosional, soal tes penalaran matematis pada materi dilatasi, dan wawancara. Pemilihan subjek dari penelitian ini dilakukan dengan memilih masing�masing satu peserta didik dari kategori kecerdasan emosional tinggi, sedang, rendah serta bisa mengerjakan tes pada materi dilatasi berdasarkan indikator kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kecerdasan emosional tinggi mampu menjawab lima indikator kemampuan penalaran matematis yaitu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi, memeriksa kelayakan suatu argumen, menemukan pola atau sifat dari gejala matematik untuk membuat generalisasi, peserta didik dengan kecerdasan emosional sedang mampu menjawab tiga indikator kemampuan penalaran matematis yaitu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan dari pernyataan, dan peserta didik dengan kecerdasan emosional rendah mampu menjawab tiga indikator kemampuan penalaran matematis yaitu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan dari pernyataan. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Kecerdasan Emosional, Dilatasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 00:52 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 00:52 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13001 |
Actions (login required)
View Item |