ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL PADA MATERI DILATASI

NURFADILAH, SITI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL PADA MATERI DILATASI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (75kB)
[img] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (133kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (98kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (465kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (229kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kecerdasan emosional pada materi dilatasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan adalah angket kecerdasan emosional, soal tes penalaran matematis pada materi dilatasi, dan wawancara. Pemilihan subjek dari penelitian ini dilakukan dengan memilih masing�masing satu peserta didik dari kategori kecerdasan emosional tinggi, sedang, rendah serta bisa mengerjakan tes pada materi dilatasi berdasarkan indikator kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kecerdasan emosional tinggi mampu menjawab lima indikator kemampuan penalaran matematis yaitu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi, memeriksa kelayakan suatu argumen, menemukan pola atau sifat dari gejala matematik untuk membuat generalisasi, peserta didik dengan kecerdasan emosional sedang mampu menjawab tiga indikator kemampuan penalaran matematis yaitu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan dari pernyataan, dan peserta didik dengan kecerdasan emosional rendah mampu menjawab tiga indikator kemampuan penalaran matematis yaitu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan dari pernyataan. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Kecerdasan Emosional, Dilatasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 12 Aug 2024 00:52
Last Modified: 12 Aug 2024 00:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13001

Actions (login required)

View Item View Item