HERDIANI, SHERLI (2024) MANAJEMEN PELATIHAN MENJAHIT PAKAIAN DEWASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN (Studi Peserta Pelatihan di BLK Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER .pdf Download (209kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf Download (222kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN .pdf Download (235kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN .pdf Download (332kB) |
|
Text
5. ABSTRAK .pdf Download (310kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR .pdf Download (312kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH .pdf Download (424kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI .pdf Download (215kB) |
|
Text
9. BAB I .pdf Download (333kB) |
|
Text
10. BAB II .pdf Download (775kB) |
|
Text
11. BAB III .pdf Download (459kB) |
|
Text
12. BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) |
|
Text
13. BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (433kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (793kB) |
Abstract
BLK Kabupaten Tasikmalaya melakukan training need assessment untuk menetapkan program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. BLK Kabupaten Tasikmalaya menetapkan pelatihan menjahit sebagai program pelatihan yang membantu masyarakat meningkatkan kecakapan keterampilan masyarakat. Upaya yang dilakukan oleh BLK Kabupaten Tasikmalaya berupa manajemen pelatihan yang sistematis agar peserta pelatihan memiliki keterampilan sesuai dengan yang dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pelatihan menjahit dalam meningkatkan keterampilan menjahit peserta pelatihan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni studi kasus dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelatihan yang dilakukan oleh BLK Kabupaten Tasikmalaya dapat meningkatkan keterampilan yaitu keterampilan secara teknik dari adanya pembelajaran secara teori dan praktik sehingga peserta mahir menggunakan alat, keterampilan interpersonal dengan adanya komunikasi dan diskusi antar peserta pelatihan maupun dengan instruktur. Simpulan dari penelitian ini adalah manajemen pelatihan dalam meningkatkan keterampilan terwujud dalam beberapa tahapan yakni 1) Perencanaan. 2) Pengorganisasian 3) Penggerakan 4) Pembinaan. 6) Evaluasi pelatihan. Kata Kunci: Manajemen Pelatihan, BLK, Keterampilan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 00:49 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 00:49 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12997 |
Actions (login required)
View Item |