MANAJEMEN PELATIHAN MENJAHIT PAKAIAN DEWASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN (Studi Peserta Pelatihan di BLK Kabupaten Tasikmalaya)

HERDIANI, SHERLI (2024) MANAJEMEN PELATIHAN MENJAHIT PAKAIAN DEWASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN (Studi Peserta Pelatihan di BLK Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER .pdf

Download (209kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (222kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN .pdf

Download (235kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN .pdf

Download (332kB)
[img] Text
5. ABSTRAK .pdf

Download (310kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR .pdf

Download (312kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH .pdf

Download (424kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI .pdf

Download (215kB)
[img] Text
9. BAB I .pdf

Download (333kB)
[img] Text
10. BAB II .pdf

Download (775kB)
[img] Text
11. BAB III .pdf

Download (459kB)
[img] Text
12. BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text
13. BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (433kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)

Abstract

BLK Kabupaten Tasikmalaya melakukan training need assessment untuk menetapkan program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. BLK Kabupaten Tasikmalaya menetapkan pelatihan menjahit sebagai program pelatihan yang membantu masyarakat meningkatkan kecakapan keterampilan masyarakat. Upaya yang dilakukan oleh BLK Kabupaten Tasikmalaya berupa manajemen pelatihan yang sistematis agar peserta pelatihan memiliki keterampilan sesuai dengan yang dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pelatihan menjahit dalam meningkatkan keterampilan menjahit peserta pelatihan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni studi kasus dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelatihan yang dilakukan oleh BLK Kabupaten Tasikmalaya dapat meningkatkan keterampilan yaitu keterampilan secara teknik dari adanya pembelajaran secara teori dan praktik sehingga peserta mahir menggunakan alat, keterampilan interpersonal dengan adanya komunikasi dan diskusi antar peserta pelatihan maupun dengan instruktur. Simpulan dari penelitian ini adalah manajemen pelatihan dalam meningkatkan keterampilan terwujud dalam beberapa tahapan yakni 1) Perencanaan. 2) Pengorganisasian 3) Penggerakan 4) Pembinaan. 6) Evaluasi pelatihan. Kata Kunci: Manajemen Pelatihan, BLK, Keterampilan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 12 Aug 2024 00:49
Last Modified: 12 Aug 2024 00:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12997

Actions (login required)

View Item View Item