FADILAH, JULVA RIZKY (2024) DESAIN PEMBELAJARAN PRISMA MELALUI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA DAN BERORIENTASI LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (47kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf Download (102kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (77kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (57kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (38kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (117kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (317kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (204kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan desain pembelajaran pada materi luas permukaan dan volume prisma melalui model discovery learning berbantuan GeoGebra berorientasi literasi numerasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: preliminary design, design experiment dan retrospective analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, merekam proses pembelajaran, tes evaluasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya sebanyak 2 (dua) kelas, yaitu kelas VIII B sebagai kelas pilot experiment dan kelas VIII A sebagai kelas teaching experiment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan konteks yang meliputi: tenda berkemah, emas batang, menara segilima, kemasan biskuit Hello Panda, sketsa mimbar dan puding balok berperan dalam merepresentasikan dan memvisualisasikan konsep dasar luas permukaan dan volume prisma. (2a) Learning Trajectory Luas Permukaan Prisma: (i) Tahap En-Aktif, mengenalkan konsep dasar prisma melalui konteks nyata. (ii) Tahap Ikonik, mengidentifikasi dan memvisualisasikan prisma melalui sketsa dan jaring-jaring serta menggunakan software GeoGebra. (iii) Tahap Simbolik, memverifikasi dan mengolah data, menghitung luas permukaan prisma dan menarik kesimpulan. (2b) Learning Trajectory Volume Prisma: (i) Tahap En�Aktif, memahami konsep volume prisma melalui konteks konkret. (ii) Tahap Ikonik, menggambar sketsa dan jaring-jaring puding, menghitung luas alas dan ketebalan. (iii) Tahap Simbolik, memverifikasi sketsa, mengidentifikasi jenis bangun ruang yang terbentuk dan menghitung volume serta menarik kesimpulan. (3) Capaian literasi numerasi peserta didik pada siklus pilot experiment sebesar 75% dan pada siklus teaching experiment sebesar 90,83%. Kata kunci : Design Research, Discovery Learning, GeoGebra, Lintasan Belajar, Literasi Numerasi, Luas Permukaan, Prisma, Volume.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 02:29 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 02:29 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12987 |
Actions (login required)
View Item |