GUSTIANA, IRPAN (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN ISPRING SUITE 11 UNTUK MELATIH KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA MATERI OPERASI BILANGAN PECAHAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (173kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI.pdf Download (387kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (50kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (71kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (48kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (30kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (32kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (31kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (163kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (165kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (241kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media pembelajaran berbantuan ISpring suite 11 pada materi operasi bilangan pecahan untuk melatih kemampuan representasi matematis. Metode penelitian menggunakan Research & Development (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, penyebaran kuisioner serta soal tes kemampuan representasi matematis. Instrumen yang digunakan yaitu lembar kisi-kisi wawancara, kuisioner untuk penilaian kelayakan dan respon peserta didik serta soal tes kemampuan untuk penilaian keefektifan penggunaan media pembelajaran. Sumber data dari penelitian ini adalah dua ahli media dan dua ahli materi untuk menilai dari segi kualitas teknis, serta kualitas isi dan tujuan serta peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Tasikmalaya untuk mengetahui respon peserta didik serta keefektifan penggunaan media pembelajaran. Hasil penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaran yang dapat digunakan pada smartphone android dengan nama HiFraction. Kelayakan media pembelajaran ini dinilai berdasarkan pada penilaian kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Media pembelajaran ini dinyatakan sangat layak oleh ahli media dan ahli materi serta peserta didik memberikan respon yang sangat baik terhadap penggunaan media pembelajaran ini. Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Kemampuan Representasi Matematis, Ispring Suite 11, ADDIE, Operasi Bilangan Pecahan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 02:26 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 02:26 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12976 |
Actions (login required)
View Item |