PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (

RAHMAN, FAJRI BEN (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (73kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (14kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (95kB)
[img] Text
9. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (263kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (113kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (423kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (813kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya pada mata pelajaran fisika dalam materi Usaha dan Energi. Rendahnya hasil belajar ini ditandai berdasarkan hasil studi pendahuluan berupa wawancara kepada guru dan siswa serta data nilai ulangan harian dengan rata-rata nilai 60 yang tergolong masih rendah. Salah satu upaya untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran adalah penggunaan model pembelajaran, salah satunya dengan model scramble yang membuat siswa untuk belajar secara aktif dan bekerjasama dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model scramble terhadap hasil belajar siswa pada materi Usaha dan Energi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh kelas X SMAN 3 Tasikmalaya yang berjumlah 12 kelas dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan sampel kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 5 sebagai kelas kontrol, untuk mengukur hasil belajar siswa dilakukan tes sebelum perlakuan (pre-test) dan setelah diberi perlakukan (post-test). Instrumen tes hasil belajar kognitif yang digunakan berupa soal pilihan ganda berjumlah 27 soal pada materi usaha dan enegri. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji t pada taaraf signifikan 5% diperoleh

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:41
Last Modified: 05 Aug 2024 03:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12916

Actions (login required)

View Item View Item