RAHMAN, FAJRI BEN (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (17kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (73kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (128kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (93kB) |
|
Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (143kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (14kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (95kB) |
|
Text
9. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (263kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (113kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (423kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (813kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya pada mata pelajaran fisika dalam materi Usaha dan Energi. Rendahnya hasil belajar ini ditandai berdasarkan hasil studi pendahuluan berupa wawancara kepada guru dan siswa serta data nilai ulangan harian dengan rata-rata nilai 60 yang tergolong masih rendah. Salah satu upaya untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran adalah penggunaan model pembelajaran, salah satunya dengan model scramble yang membuat siswa untuk belajar secara aktif dan bekerjasama dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model scramble terhadap hasil belajar siswa pada materi Usaha dan Energi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh kelas X SMAN 3 Tasikmalaya yang berjumlah 12 kelas dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan sampel kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 5 sebagai kelas kontrol, untuk mengukur hasil belajar siswa dilakukan tes sebelum perlakuan (pre-test) dan setelah diberi perlakukan (post-test). Instrumen tes hasil belajar kognitif yang digunakan berupa soal pilihan ganda berjumlah 27 soal pada materi usaha dan enegri. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji t pada taaraf signifikan 5% diperoleh
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:41 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 03:41 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12916 |
Actions (login required)
View Item |