METODE INDEKS KONDISI PERKERASAN (IKP) DALAM PENENTUAN KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DAN PERKERASAN KAKU DI RUAS JALAN CISINGA KABUPATEN TASIKMALAYA

SANJAYA, NOUVAL (2024) METODE INDEKS KONDISI PERKERASAN (IKP) DALAM PENENTUAN KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DAN PERKERASAN KAKU DI RUAS JALAN CISINGA KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (109kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (207kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (127kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (256kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (432kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (444kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text
11. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (868kB)
[img] Text
13. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
14. BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kerusakan perkerasan di Ruas Jalan Cisinga atau Ciawi – Singaparna disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu repetisi beban kendaraan yang melintas serta beban kendaraan yang melebihi batas. Kualitas perkerasan yang kurang baik yang dapat mengakibatkan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis, tingkat keparahan, dan kuantitas kerusakan, serta menghitung nilai Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) ruas jalan, dan menentukan penanganan kerusakan berdasarkan nilai IKP yang diperoleh ruas jalan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dalam menghitung nilai IKP berdasarkan pedoman Pd-01-2016-B oleh Kementrian PUPR mengacu pada ASTM D6433-11 “Standard Practice for Road and Parking Lots Pavement Condition Index”. Kondisi perkerasan yang ada di Ruas Jalan Cisinga dapat diperoleh melalui metode IKP ini karena terdapat berbagai macam jenis kerusakan yang terjadi pada perkerasan lentur maupun perkerasan kaku. Hasil pada Ruas Jalan Cisinga terdapat 18 jenis kerusakan pada perkerasan lentur dan 8 jenis kerusakan pada perkerasan kaku. Nilai IKP Ruas Jalan Cisinga berdasarkan hasil perhitungan yaitu pada jenis perkerasan lentur berada pada rentan nilai 4,5 s.d. 100 dengan rata-rata nilai IKP perkerasan lentur yaitu 79,981 dan pada jenis perkerasan kaku berada pada rentan nilai 58 s.d. 74 dengan rata-rata nilai IKP perkerasan kaku yaitu 65,643 serta keseluruhan rata-rata IKP yaitu sebesar 80,461 termasuk kedalam kelas kondisi baik (satisfactory), dengan jenis penanganan yang dapat digunakan yaitu pemeliharaan berkala. Kata Kunci: Indeks Kondisi Perkerasan, Kerusakan Perkerasan Jalan, Penanganan Kerusakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:08
Last Modified: 02 Aug 2024 02:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12879

Actions (login required)

View Item View Item