PERANCANGAN APLIKASI GEOSMART SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN GEOGRAFI (Studi pada Materi Fenomena Geosfer Kelas X MAS ALIF Al-Ittifaq Kabupaten Bandung)

APRILIA, APRILIA (2024) PERANCANGAN APLIKASI GEOSMART SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN GEOGRAFI (Studi pada Materi Fenomena Geosfer Kelas X MAS ALIF Al-Ittifaq Kabupaten Bandung). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (41kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (262kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (88kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (133kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (102kB)
[img] Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (320kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (406kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (427kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran geografi mempelajari secara komprehensif mengenai fenomena yang terjadi di permukaan bumi. Berdasarkan temuan penelitian beberapa tahun terakhir bahwa peserta didik menganggap mata pelajaran geografi memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi terkhusus dalam memahami materi. Salah satu materi yang kompleks untuk dipelajari adalah materi fenomena geosfer. Hal tersebut karena minimnya penggunaan media pembelajaran yang variatif. Hasil observasi dan hasil wawancara pada guru mata pelajaran geografi di MAS ALIF Al-Ittifaq menunjukan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran baru mengadaptasi teknologi dengan memanfaatkan website online kuis. Kemudian hasil dari kuesioner menunjukan peserta didik setuju bahwa penggunaan teknologi memudahkan dalam memahami materi dan peserta didik setuju bahwa perlu adanya pengembangan media pembelajaran interaktif. Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi dapat dilakukan melalui perancangan media pembelajaran berbasis aplikasi. Aplikasi yang akan dirancang merupakan aplikasi geosmart untuk mata pelajaran geografi materi fenomena geosfer. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R&D menggunakan model Luther. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, kuesioner, studi literatur, dan studi dokumentasi. Sampel uji beta merupakan peserta didik MAS ALIF Al-Ittifaq kelas X yang berjumlah 31 orang dan 1 guru mata pelajaran geografi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif sederhana yang digunakan pada tahap pengujian alpha dan beta. Hasil penelitian adalah terlaksananya langkah-langkah perancangan berdasarkan model yang digunakan dan terlaksananya langkah-langkah penggunaan aplikasi geosmart berdasarkan standar operasional prosedur penggunaan yang telah dibuat. Hasil uji alpha pada aplikasi geosmart dari ahli media menunjukan dinyatakan sangat layak. Hasil uji beta pada pengguna akhir menunjukan bahwa aplikasi geosmart sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif mata pelajaran geografi. Kata Kunci: aplikasi geosmart, media pembelajaran interaktif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:40
Last Modified: 31 Jul 2024 07:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12822

Actions (login required)

View Item View Item