Cikal, Winie Kateresna (2024) ANALISIS UNSUR INTRINSIK TEKS DRAMA DALAM BUKU KUMPULAN DRAMA REMAJA EDITOR A. RUMADI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS DRAMA DI SMA/MA/SMK KELAS XI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (38kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (94kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (104kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (74kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (63kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (124kB) |
|
Text
7 BAB 1.pdf Download (100kB) |
|
Text
8 BAB 2.pdf Download (236kB) |
|
Text
9 BAB 3.pdf Download (166kB) |
|
Text
10 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (931kB) |
|
Text
11 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (67kB) |
|
Text
13 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Bahan ajar merupakan salah satu komponen pembelajaran yang harus diperhatikan oleh guru karena berisi materi-materi yang menjadi acuan peserta didik dalam belajar. Melalui wawancara yang telah dilakukan, diketahui bahwa masalah dalam penelitian ini adalah kesulitan memperoleh bahan ajar berupa naskah drama utuh berdurasi pendek yang cocok untuk pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya naskah drama dalam buku Kumpulan Drama Remaja editor A. Rumadi dijadikan sebagai alternatif bahan ajar teks drama di SMA/MA/SMK Kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, studi pustaka, dokumen, analisis wacana, dan angket. Sumber data penelitian ini adalah empat buah naskah drama dalam buku Kumpulan Drama Remaja editor A. Rumadi yang berjudul “Tangis” karya P. Hariyanto, “Tanda Bahaya” dan “Majalah Dinding” karya Bakdie Soemanto, serta “Orang Terasing” karya Ajie Sudarmadji Mukhsin. Naskah drama tersebut dikaji dengan menggunakan pendekatan struktural serta menganalisis di antaranya alur, tokoh dan penokohan, dialog, latar, konflik, tema dan amanat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat naskah drama memuat unsur intrinsik yang lengkap. Alur dalam drama yaitu alur maju. Tokoh dan penokohan dalam drama meliputi tokoh protagonis, antagonis, tritagonis dan peran pembantu dengan watak tokoh yang sangat variatif. Dialog dalam drama bersifat komunikatif. Latar dalam drama meliputi latar tempat, waktu dan sosial. Konflik dalam drama meliputi konflik internal dan ekternal serta konflik utama tertentu yang lebih mendominasi. Tema dalam drama merupakan tema tradisional dan non tradisional. Amanat dalam drama disampaikan secara implisit dan eksplisit. Keempat naskah drama sesuai dengan Kurikulum 2013 revisi dan kriteria bahan ajar sastra meliputi bahasa, psikologi dan latar belakang budaya, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar teks drama di SMA/MA/SMK Kelas XI.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 02:12 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 02:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12788 |
Actions (login required)
View Item |