PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS IKLAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

Aissatussalihat, Siti Robiah (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS IKLAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (81kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (84kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (139kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (295kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (217kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] Text
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII adalah mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks iklan. Kedua kompetensi dasar tersebut telah dipelajari oleh peserta didik, namun hasil yang diperoleh peserta didik masih belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Jigsaw meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMP 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil pengolahan data, pada siklus I pada aspek pengetahuan pembelajaran mengidentifikasi informasi teks iklan terdapat 15 orang peserta didik (49%) sudah mencapai KKM dan terdapat 16 orang (51%) yang belum mencapai KKM. Pada siklus II seluruh peserta didik (100%) telah berhasil mencapai KKM. Dalam pembelajaran menyimpulkan isi teks iklan pada siklus I terdapat 7 orang peserta didik (22%) sudah mencapai KKM dan terdapat 24 orang peserta didik (78%) yang belum mencapai KKM. Pada siklus II terdapat 30 0rang peserta didik (97%) yang sudah mencapai KKM dan 1 orang peserta didik (3%) yang belum mencapai KKM. Ketidakmampuan peserta didik disebabkan oleh permasalah internal, sehingga penulis memutuskan untuk tidak melanjutkan ke siklus III. Hasil uji Wilcoxon pada pembelajaran mengidentifikasi informasi teks iklan pada siklus kesatu dan kedua menunjukan bahwa W hitung terhadap signifikansi = 0,000 < 0,05. Hasil uji Wilcoxon pada pembelajaran menyimpulkan isi teks iklan pada siklus kesatu dan siklus kedua menunjukan bahwa W hitung terhadap taraf signitifikan = 0,000 < 0,05. Hal tersebut membuktikan bahwa model pemebelajaran kooperatif tipe jisaw dapat meningkatkan dalam kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks iklan pada peserta didik kelas VIII J di SMP Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Artinya, hipotesis penelitian diterima dan terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Jul 2024 08:18
Last Modified: 14 Aug 2024 06:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12770

Actions (login required)

View Item View Item