HERAWATI, RENI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. Cover.pdf Download (82kB) |
|
Text
02. Lembar Pengesahan.pdf Download (209kB) |
|
Text
03. Lembar Pernyataan.pdf Download (25kB) |
|
Text
04. Abstrak.pdf Download (6kB) |
|
Text
05. Kata Pengantar.pdf Download (124kB) |
|
Text
06. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf Download (169kB) |
|
Text
07. Bab 1.pdf Download (139kB) |
|
Text
08. Bab 2.pdf Download (735kB) |
|
Text
09. Bab 3.pdf Download (340kB) |
|
Text
10. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
12. Daftar Pustaka.pdf Download (132kB) |
|
Text
13. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
14. Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu MFFT, pemberian tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah tes MFFT dan soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B pemilihan subjek dilakukan dengan mengambil peserta didik yang telah mengisi tes MFFT untuk dikategorikan gaya kognitif reflektif dan impulsif dan peserta didik yang telah mengisi tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh simpulan bahwa: (1) Subjek reflektif mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kreatif matematis. Pada indikator kelancaran subjek reflektif mampu menentukan informasi yang diketahui dan ditanyakan dari soal dan mampu memunculkan pertanyaan yang mungkin dari persoalan yang disajikan menggunakan bahasa sendiri meskipun tidak jauh berbeda dengan kalimat yang terdapat dalam soal. Pada indikator keluwesan subjek reflektif mampu menyelesaikan soal pada semua luas permukaan box. Pada indikator keaslian subjek reflektif mampu menyelesaikan soal luas permukaan dengan cara sendiri. Pada indikator terperinci subjek reflektif mampu merinci semua biaya yang dibutuhkan pada soal. (2) Subjek impulsif mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kreatif matematis. Pada indikator kelancaran subjek impulsif mampu mengungkapkan informasi yang diketahui dan ditanyakan dari soal dan mampu memunculkan pertanyaan yang mungkin dari persoalan yang disajikan. Sedangkan pada indikator keluwesan subjek impulsif tidak menyelesaikan soal dengan tuntas hanya menyelesaikan soal luas permukaan box pada cara satu saja. Sedangkan pada indikator keaslian subjek impulsif hanya mampu menyelesaikan soal luas permukaan kubus saja tidak menyelesaikan luas permukaan pada limas. Pada indikator terperinci subjek impulsif mampu merinci biaya yang dibutuhkan pada soal. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Reflektif dan Impulsif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 01:54 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 01:54 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12680 |
Actions (login required)
View Item |