ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

HERAWATI, RENI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (82kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (209kB)
[img] Text
03. Lembar Pernyataan.pdf

Download (25kB)
[img] Text
04. Abstrak.pdf

Download (6kB)
[img] Text
05. Kata Pengantar.pdf

Download (124kB)
[img] Text
06. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf

Download (169kB)
[img] Text
07. Bab 1.pdf

Download (139kB)
[img] Text
08. Bab 2.pdf

Download (735kB)
[img] Text
09. Bab 3.pdf

Download (340kB)
[img] Text
10. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (132kB)
[img] Text
13. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
14. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu MFFT, pemberian tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah tes MFFT dan soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B pemilihan subjek dilakukan dengan mengambil peserta didik yang telah mengisi tes MFFT untuk dikategorikan gaya kognitif reflektif dan impulsif dan peserta didik yang telah mengisi tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh simpulan bahwa: (1) Subjek reflektif mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kreatif matematis. Pada indikator kelancaran subjek reflektif mampu menentukan informasi yang diketahui dan ditanyakan dari soal dan mampu memunculkan pertanyaan yang mungkin dari persoalan yang disajikan menggunakan bahasa sendiri meskipun tidak jauh berbeda dengan kalimat yang terdapat dalam soal. Pada indikator keluwesan subjek reflektif mampu menyelesaikan soal pada semua luas permukaan box. Pada indikator keaslian subjek reflektif mampu menyelesaikan soal luas permukaan dengan cara sendiri. Pada indikator terperinci subjek reflektif mampu merinci semua biaya yang dibutuhkan pada soal. (2) Subjek impulsif mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kreatif matematis. Pada indikator kelancaran subjek impulsif mampu mengungkapkan informasi yang diketahui dan ditanyakan dari soal dan mampu memunculkan pertanyaan yang mungkin dari persoalan yang disajikan. Sedangkan pada indikator keluwesan subjek impulsif tidak menyelesaikan soal dengan tuntas hanya menyelesaikan soal luas permukaan box pada cara satu saja. Sedangkan pada indikator keaslian subjek impulsif hanya mampu menyelesaikan soal luas permukaan kubus saja tidak menyelesaikan luas permukaan pada limas. Pada indikator terperinci subjek impulsif mampu merinci biaya yang dibutuhkan pada soal. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Reflektif dan Impulsif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 29 Jul 2024 01:54
Last Modified: 29 Jul 2024 01:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12680

Actions (login required)

View Item View Item