HERMAWAN, MUHAMMAD REZA ANGGARA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI KECERDASAN HOWARD GARDNER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (83kB) |
|
Text
02 Lembar Pengesahan.pdf Download (266kB) |
|
Text
02.5 Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf Download (323kB) |
|
Text
03 Surat Pernyataan Keaslian Skripsi Reza.pdf Download (320kB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (416kB) |
|
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (122kB) |
|
Text
06 DAFTAR ISI.pdf Download (57kB) |
|
Text
07 DAFTAR TABEL.pdf Download (46kB) |
|
Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (53kB) |
|
Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (49kB) |
|
Text
10 BAB 1.pdf Download (74kB) |
|
Text
11 BAB 2.pdf Download (426kB) |
|
Text
12 BAB 3.pdf Download (237kB) |
|
Text
13 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
14 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
|
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
|
Text
16 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
17 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik ditinjau dari kecerdasan intrapersonal dengan kategori tinggi, sedang ang dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu dengan pengerjaan tes kemampuan berpikir kreatif matematis, penyebaran angket kecerdasan. intrapersonal, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen utama yang digunakan pada pada pene penelitian adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket kecerdasan intrapersonal. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan bahwa peserta didik dengan kecerdasan intrapersonal tinggi memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis dengan klasifikasi sangat kreatif, tercermin. dalam keterpenuhan indikator kelancaran, keluwesan, keaslian, dan elaborasi. Mereka mampu mengatasi hambatan dengan strategi berpikir mendalam, ketertarikan pada tantangan, dan tingkat kepercayaan diri yang positif. Peserta didik dengan kecerdasan intrapersonal sedang juga menunjukkan kemampuan kreatif dengan klasifikasi sangat kreatif, tercermin dalam keterpenuhan indikator kelancaran, keluwesan, keaslian, dan elaborasi. Peserta didik mampu mengekspresikan ide secara visual dan menghasilkan solusi inovatif. Peserta didik dengan kecerdasan intrapersonal rendah menunjukkan potensi dalam kelancaran dan keaslian, peserta didik mampu menunjukkan kemampuan keaslian dengan usaha yang bersifat orisinal, seperti meramudua bangun datar yang berbeda dalam satu solusi. Namun memiliki keterbatasan dalam keluwesan dan elaborasi. Diperlukan dukungan untuk mengembangkan kemampuan keluwesan dan elaborasi berpikir kreatif matematis. Peserta didik dengan kecerdasan intrapersonal rendah juga menunjukkan kemampuan kreatif dengan klasifikasi kreatif, tercermin dalam keterpenuhan indikator kelancaran, keaslian, dan elaborasi. Kata kunci: analisis, kemampuan berpikir kreatif matematis, kecerdasan intrapersonal
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 08:01 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 08:01 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12673 |
Actions (login required)
View Item |