ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI KECERDASAN HOWARD GARDNER

HERMAWAN, MUHAMMAD REZA ANGGARA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI KECERDASAN HOWARD GARDNER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (266kB)
[img] Text
02.5 Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf

Download (323kB)
[img] Text
03 Surat Pernyataan Keaslian Skripsi Reza.pdf

Download (320kB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (416kB)
[img] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (122kB)
[img] Text
06 DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB)
[img] Text
07 DAFTAR TABEL.pdf

Download (46kB)
[img] Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (53kB)
[img] Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (49kB)
[img] Text
10 BAB 1.pdf

Download (74kB)
[img] Text
11 BAB 2.pdf

Download (426kB)
[img] Text
12 BAB 3.pdf

Download (237kB)
[img] Text
13 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
14 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
17 RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik ditinjau dari kecerdasan intrapersonal dengan kategori tinggi, sedang ang dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu dengan pengerjaan tes kemampuan berpikir kreatif matematis, penyebaran angket kecerdasan. intrapersonal, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen utama yang digunakan pada pada pene penelitian adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket kecerdasan intrapersonal. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan bahwa peserta didik dengan kecerdasan intrapersonal tinggi memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis dengan klasifikasi sangat kreatif, tercermin. dalam keterpenuhan indikator kelancaran, keluwesan, keaslian, dan elaborasi. Mereka mampu mengatasi hambatan dengan strategi berpikir mendalam, ketertarikan pada tantangan, dan tingkat kepercayaan diri yang positif. Peserta didik dengan kecerdasan intrapersonal sedang juga menunjukkan kemampuan kreatif dengan klasifikasi sangat kreatif, tercermin dalam keterpenuhan indikator kelancaran, keluwesan, keaslian, dan elaborasi. Peserta didik mampu mengekspresikan ide secara visual dan menghasilkan solusi inovatif. Peserta didik dengan kecerdasan intrapersonal rendah menunjukkan potensi dalam kelancaran dan keaslian, peserta didik mampu menunjukkan kemampuan keaslian dengan usaha yang bersifat orisinal, seperti meramudua bangun datar yang berbeda dalam satu solusi. Namun memiliki keterbatasan dalam keluwesan dan elaborasi. Diperlukan dukungan untuk mengembangkan kemampuan keluwesan dan elaborasi berpikir kreatif matematis. Peserta didik dengan kecerdasan intrapersonal rendah juga menunjukkan kemampuan kreatif dengan klasifikasi kreatif, tercermin dalam keterpenuhan indikator kelancaran, keaslian, dan elaborasi. Kata kunci: analisis, kemampuan berpikir kreatif matematis, kecerdasan intrapersonal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:01
Last Modified: 26 Jul 2024 08:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12673

Actions (login required)

View Item View Item