PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR (Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Sejarah pada Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

MEDIAWATI, NENI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR (Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Sejarah pada Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (53kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf

Download (104kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (65kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (7kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (122kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (343kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penggunaan dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 4 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen bentuk non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS SMAN 4 Tasikmalaya. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPS 2 (kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 37 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan bentuk purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Proses pembelajaran dilaksanakan selama tiga pertemuan yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan inti terdiri dari penyampaian materi, pembagian kelompok, diskusi, dan kuis. Pembelajaran yang dilakukan di kelas eksperimen telah menunjukan adanya perubahan keaktifan belajar selama proses treatment diberikan. Hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test menunjukan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000<0.05. Berdasarkan hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMAN 4 Tasikmalaya. Kata Kunci: Model Pembelajaran Course Review Horay, Keaktifan Belajar, Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:36
Last Modified: 26 Jul 2024 03:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12658

Actions (login required)

View Item View Item