MEDIAWATI, NENI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR (Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Sejarah pada Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (53kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (106kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (55kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf Download (104kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (16kB) |
|
Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (64kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (65kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (7kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (131kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (128kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (122kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (343kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (81kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penggunaan dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 4 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen bentuk non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS SMAN 4 Tasikmalaya. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPS 2 (kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 37 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan bentuk purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Proses pembelajaran dilaksanakan selama tiga pertemuan yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan inti terdiri dari penyampaian materi, pembagian kelompok, diskusi, dan kuis. Pembelajaran yang dilakukan di kelas eksperimen telah menunjukan adanya perubahan keaktifan belajar selama proses treatment diberikan. Hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test menunjukan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000<0.05. Berdasarkan hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMAN 4 Tasikmalaya. Kata Kunci: Model Pembelajaran Course Review Horay, Keaktifan Belajar, Pembelajaran Sejarah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 03:36 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 03:36 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12658 |
Actions (login required)
View Item |