PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENGURANGI MATHEMATICS ANXIETY PESERTA

DEWI, SALMA FEBRILIA (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENGURANGI MATHEMATICS ANXIETY PESERTA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (0B)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (178kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (456kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (124kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (356kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (232kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (232kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (145kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (312kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (251kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar interaktif berbantuan Articulate Storyline 3, dan mengetahui mathematics anxiety siswa setelah menggunakan bahan ajar interaktif berbantuan Articulate Storyline 3. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research & Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara , penyebaran kuesioner untuk penilaian kelayakan dan respon peserta didik serta penyebaran angket mathematics anxiety. Sumber data dari penelitian ini adalah dua ahli media dan dua ahli materi untuk menilai dari segi kualitas teknis, kualitas isi dan tujuan, serta peserta didik yang dipilih dari kelas VIII SMP Negeri 14 Tasikmalaya yang berjumlah 31 siswa untuk mengetahui respon peserta didik dan tingkat mathematics anxiety siswa sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar interaktif. Hasil penelitian ini berupa aplikasi yang dapat digunakan pada smartphone android dengan nama TeTha yang berdasarkan hasil validasi dinyatakan sangat layak oleh ahli materi dan ahli media serta mendapat respon sangat baik dari peserta didik. Prosedur bahan ajar interaktif ini dinilai berdasarkan pada penilaian kualitas isi dan tujuan oleh ahli materi serta kualitas teknis oleh ahli media. Bahan ajar interaktif ini dinyatakan sangat layak oleh ahli media dan ahli materi serta peserta didik memberikan respon yang sangat baik terhadap penggunaan bahan ajar interaktif ini dan menunjukan bahwa penggunaan bahan ajar interaktif mampu mengurangi tingkat mathematics anxiety peserta didik yang semula 67% (kategori sedang) menjadi 50% (kategori rendah). Kata kunci: Pengembangan Bahan Ajar Interaktif, Articulate Storyline 3, Research Development, ADDIE, Mathematics Anxiety.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:07
Last Modified: 14 Aug 2024 06:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12601

Actions (login required)

View Item View Item