PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI IPS SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

SINDIANI, SINDIANI (2024) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI IPS SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (28kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (415kB)
[img] Text
03 SURAT PERNYATAAN (1).pdf

Download (330kB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (42kB)
[img] Text
06 DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
07 DAFTAR TABEL.pdf

Download (56kB)
[img] Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (37kB)
[img] Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (52kB)
[img] Text
10 BAB 1.pdf

Download (202kB)
[img] Text
11 BAB 2.pdf

Download (293kB)
[img] Text
12 BAB 3.pdf

Download (545kB)
[img] Text
13 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
14 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan membandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di kelas XI IPS SMAN 5 Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain The Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPS sebanyak 5 kelas, dan sampel penelitian yang digunakan sebanyak 3 kelas. Adapun sampel penelitian adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1, kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol, dan kelas XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen 2 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada materi perdagangan internasional, dimana nilai rata-rata posttest lebih unggul dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan model pembelajaran konvensional, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Hasil Belajar, Kooperatif, Teams Games Tournament, Think Pair Share

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:30
Last Modified: 23 Jul 2024 04:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12546

Actions (login required)

View Item View Item