Wiguna, Restu (2024) PENGARUH MODEL TREFFINGER BERBANTUAN VIDEOSCRIBE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Quasi experiment pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (16kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (106kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (103kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
|
Text
5. ABSTRACT.pdf Download (136kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (72kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (74kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (54kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf Download (32kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (44kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (36kB) |
|
Text
12. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (97kB) |
|
Text
13. BAB 2 TINJAUAN TEORITIS.pdf Download (1MB) |
|
Text
14. BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (358kB) |
|
Text
15. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (899kB) |
|
Text
16. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi energi dan sumber energi terbarukan dan serta kurangnya inovasi penggunaan model pembelajaran Fisika. Salah satu solusi yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Treffinger dengan berbantuan Videoscribe. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Treffinger berbantuan Videoscribe terhadap keterampilan berpikir kreatif. Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 12 kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, diperoleh kelas X-8 (37 orang) sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 (37 orang) sebagai kelas kontrol. Siswa diberikan tes sebelum perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk uraian berjumlah 7 soal pada materi pemanasan global untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 06:48 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 06:48 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12504 |
Actions (login required)
View Item |