PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) AL-Khoeriyah Bantar Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

Khoirunnisa, Khoirunnisa (2024) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) AL-Khoeriyah Bantar Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1COVER.pdf

Download (42kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (297kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (262kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (118kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text
7 BAB 1.pdf

Download (169kB)
[img] Text
8 BAB 2.pdf

Download (295kB)
[img] Text
9 BAB 3.pdf

Download (221kB)
[img] Text
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] Text
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Menelaah struktur dan menyajikan teks prosedur merupakan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik kelas VII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Meskipun demikian, pada kenyataannya masih banyak peserta didik kelas VIIC MTs Al-Khoeriyah Bantar Tahun Ajaran 2023/2024 yang belum mampu menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya pembelajaran Numbered Head Together (NHT) meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks prosedur. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil belajar siklus I aspek pengetahuan kompetensi dasar 3.6 menelaah struktur dan kaidah kebahasaan, peserta didik yang belum mencapai KKM 19 orang (68%) dan yang sudah mencapai KKM 9 orang (32%), dan aspek keterampilan kompetensi dasar 4.6 menyajikan teks prosedur, peserta didik yang belum mencapai KKM 19 orang (68%) dan yang sudah mencapai KKM 9 orang (32%) standar KKM di MTs Al-Khoeriyah Bantar 75, pada siklus II, aspek pengetahuan kompetensi dasar 3.6 menelaah struktur dan kaidah kebahasaan, peserta didik yang sudah mencapai KKM 28 orang (100%), dan aspek keterampilan kompetensi dasar 4.6 menyajikan teks prosedur, peserta didik yang sudah mencapai KKM 28 orang (100%). Hasil uji Wilcoxon diketahui bahwa W hitung (0) < W tabel (0,01). Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut menunjukkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan dalam menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks prosedur pada peserta didik kelas VII C MTs Al-Khoeriyah Bantar Tasikmalaya 2023/2024.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:27
Last Modified: 22 Jul 2024 06:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12503

Actions (login required)

View Item View Item