PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMIK MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS

ROZAK, LUTFI ABDUL (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMIK MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (66kB)
[img] Text
06 DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
07 DAFTAR TABEL.pdf

Download (24kB)
[img] Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (26kB)
[img] Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (37kB)
[img] Text
10 BAB 1.pdf

Download (28kB)
[img] Text
11 BAB 2.pdf

Download (424kB)
[img] Text
12 BAB 3.pdf

Download (169kB)
[img] Text
13 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text
14 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] Text
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
17 DRH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis komik pada materi matriks untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik serta menganalisis dan mendeskripsikan kualitas efektivitas kemampuan literasi matematis peserta didik setelah menggunakan modul pembelajaran matematika berbasis komik .Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE yang melalui beberapa tahap yaitu Analyis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah 5 orang peserta didik kelas XI, 3 orang guru matematika dan 20 orang peserta didik kelas XI MIPA MAN 3 Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket, wawancara dan tes kemampuan literasi matematis. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan lembar validasi, angket respon pengguna, dan soal tes kemampuan literasi matematis. Semua instrumen yang digunakan pada penelitian ini sudah dinyatakan valid. Berdasarkan hasil penelitian, modul pembelajaran matematika berbasis komik yang dikembangkan melalui model ADDIE, pada tahap Analyze diperoleh informasaimenggunakan media yang sudah ada dan menggunakan LKS. Materi matriks merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh peserta didik. Pada tahap Design, peneliti membuat flowchart, komik diadaptasi dari komik petualanagan dunia matrik, instrumen tes kemampuan literasi matematis, merancang lembar angket respon pengguna. Pada tahap Development, tahap ini peneliti menghasilkan produk modul pembelajaran matematik berbasis komik sesuai rancangan yang telah ditetapkan. Pada tahap Implementation, peneliti memberikan modul pembelajaran matematika berbasis komik kepada peserta didik dan guru yang memperoleh hasil respon dengan kategori “sangat baik”. Pada tahap Evaluation, diperoleh hasil rata�rata nilai posttest lebih dari rata-rata nilai pretest. Angket respon pengguna pada tahap implementasi memperoleh kategori “sangat baik”. Effect Size (ES) memperoleh nilai 1.17 dengan kategori “strong effect”, dengan demikian modul pembelajaran matematika berbasis komik pada materi matriks yang dikembangkan dapat dijadikan salah satu media untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Komik, Matriks, Kemampuan literasi matematis

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Apr 2024 02:16
Last Modified: 16 Apr 2024 02:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12463

Actions (login required)

View Item View Item