META-ANALISIS: PROJECT-BASED LEARNING DAN HARD SKILLS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Yestina, Ratna (2024) META-ANALISIS: PROJECT-BASED LEARNING DAN HARD SKILLS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01_Cover_Ratna Yestina.pdf

Download (332kB)
[img] Text
02_Lembar Pengesahan_Ratna Yestina.pdf

Download (226kB)
[img] Text
03_Pernyataan Keaslian Karya_Ratna Yestina.pdf

Download (516kB)
[img] Text
04_Abstrak_Ratna Yestina.pdf

Download (396kB)
[img] Text
05_Kata Pengantar_Ratna Yestina.pdf

Download (358kB)
[img] Text
06_Daftar isi_Ratna Yestina.pdf

Download (494kB)
[img] Text
07_Daftar Gambar_Ratna Yestina.pdf

Download (312kB)
[img] Text
08_Daftar Tabel_Ratna Yestina.pdf

Download (495kB)
[img] Text
09_Daftar Lampiran_Ratna Yestina.pdf

Download (311kB)
[img] Text
10_Bab 1_Ratna Yestina.pdf

Download (538kB)
[img] Text
11_Bab 2_Ratna Yestina.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12_Bab 3_Ratna Yestina.pdf

Download (764kB)
[img] Text
13_Bab 4_Ratna Yestina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14_Bab 5_Ratna Yestina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
15_Daftar Pustaka_Ratna Yestina.pdf

Download (416kB)
[img] Text
16_Lampiran_Ratna Yestina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
17_Riwayat Penulis_Ratna Yestina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggabungkan, mengevaluasi, dan mengintegrasikan ukuran efek (effect size) penggunaan model project-based learning (PjBL) terhadap hard skills dalam pembelajaran matematika secara keseluruhan, termasuk pada berbagai jenjang pendidikan dan dengan mempertimbangkan penggunaan media pembelajaran. Metode penelitian yang dilakukan adalah meta-analisis dengan sampel sebanyak 126 artikel yang memuat 144 subsampel data yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditetapkan. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi melaui penelusuran artikel open acces terindeks SINTA atau scopus melalui DOAJ, Google Scholar, Crossreff dan Publish n Perish 8. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian meta-analisis ini adalah lembar pengkodingan. Analisis data dilakukan berbantu perangkat lunak JASP versi 0.18.1.0 yang rilis pada 29 September 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan model PjBL terhadap hard skills dalam pembelajaran matematika memiliki summary effect size sebesar 1.061 kategori besar. Kemudian effect size model PjBL terhadap hard skills dalam pembelajaran matematika juga memiliki effect size kategori besar pada semua jenjang pendidikan. Terdapat perbedaan ukuran efek secara signifikan pada jenjang pendidikan, jenjang pendidikan yang lebih tinggi effect size nya yaitu jenjang Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Dasar. Selanjutnya model PjBL memiliki effect size kategori besar baik diterapkan dengan penggunaan media yaitu media digital dan media manual maupun tanpa penggunaan media pembelajaran. Kata kunci: Meta-analisis, Project Based Learning, Hard Skill dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Apr 2024 02:05
Last Modified: 16 Apr 2024 02:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12462

Actions (login required)

View Item View Item