Rofi, Desti Arfiani (2024) ANALISIS STRATEGI PENGGUNAAN QRIS DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM KELURAHAN KAHURIPAN KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (35kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (211kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (156kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text
5. PEDOMAN LITERASI ARAB DAN LATIN.pdf Download (193kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (116kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (162kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (269kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (534kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (118kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
Abstract
Sejak diluncurkannya pembayaran berbasis server QRIS (Quick Response Code Indonesian Standar) menjadi trend positif baik itu dari dua sisi yaitu bagi pelaku dan konsumen, mengingat manfaatnya dalam membantu transaksi non�tunai secara lebih efesien dan mudah. Saat ini telah banyak pelaku UMKM yang menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran digital. Dengan adanya alat pembayaran non tunai berbentuk Quick Response Code Indoensian Standard (QRIS), diharapkan daya beli masyarakat dapat berjalan optimal dan membantu perekonomian suatu negara. Namun pada kenyataanya dilapangan penerapan QRIS sebagai alat pembayaran bagi UMKM di Kelurahan Kahuripan Kota Tasikmalaya masih terdapat kendala dalam penggunaanya. Maka dalam penerapannya, UMKM pengguna QRIS di Kelurahan Kahuripan Kota Tasikmalaya perlu menerapkan strategi-strategi yang dapat membantu penggunaan QRIS dalam peningkatan penjualan UMKM di Kelurahan Kahuripan Kota Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi penggunaan QRIS dalam peningkatan penjualan pada UMKM Kelurahan Kahuripan Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT. Teknik pengumpulan data data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan kuesioner. Reponden pada penilitian ini yaitu UMKM pengguna QRIS di Kelurahan Kahuripan Kota Tasikmalaya sebanyak 20 responden. Teknik analsis data menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian strategi yang dapat dilakukan penggunaan QRIS dalam peningkatan penjualan pada UMKM Kelurahan Kahuripan Kota Tasikmalaya adalah strategi SO (Strength Oportunities) yang berada pada kuadaran I mendukung strategi agresif. Strategi ini menandakan keadaan perusahaan yang kuat dan mampu terus berkembang dengan mengambil kesempatan atau peluang yang ada untuk meningkatkan penjualan yang maksimal. Strategi yang dapat dilakukan yaitu memasang pembayaran e-wallet, memasang QRIS dengan bank syariah, mengikuti pendampingan pembayaran digital yang disediakan oleh pemerintah dan menawarkan pembayaran dengan QRIS kepada konsumen. Kata Kunci: Strategi, Quick Response Code Indoensian Standard , Penjualan UMKM, Pembayaran Digital
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 06:39 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 06:39 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12419 |
Actions (login required)
View Item |