TAMARA, DINAR FRISKA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PjBL TERINTEGRASI STEM TERHADAP SELF EFFICACY DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 2 Ciamis, Tahun Pelajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (255kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (401kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (362kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (435kB) |
|
Text
5. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (126kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (6kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (282kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (376kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (639kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (483kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL terintegrasi STEM terhadap self efficacy dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMAN 2 Ciamis sebanyak 7 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 2 instrumen yaitu instrumen self efficacy berbentuk skala psikologi sebanyak 30 pernyataan dan instrumen keterampilan berpikir kritis berbentuk soal uraian sebanyak 15 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANOVA satu jalur. Rata-rata skor posttest self efficacy dan skor rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL terintegrasi STEM terhadap self efficacy dengan nilai signifikansi 0,000 dan terhadap keterampilan berpikir kritis dengan nilai signifikansi 0,001 (signifikansi <0,05) yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL terintegrasi STEM terhadap self efficacy dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIPA SMAN 2 Ciamis tahun ajaran 2023/2024 dengan rata-rata skor posttest self efficacy tertinggi terdapat pada indikator level/magnitude dan skor rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kritis tertinggi terdapat pada indikator strategies and tactics. Kata kunci : PjBL, STEM, Self Efficacy, Keterampilan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 03:14 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 03:14 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12397 |
Actions (login required)
View Item |