PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN DIFERENSIASI TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Di Kelas X SMA N 1 Padamara Kabupaten Purbalingga, Tahun Ajaran 2022/2023)

PRADANI, FAUZIYYAH NOUMI RESTU (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN DIFERENSIASI TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Di Kelas X SMA N 1 Padamara Kabupaten Purbalingga, Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (36kB)
[img] Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (624kB)
[img] Text
3. Pernyataan keaslian.pdf

Download (58kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (52kB)
[img] Text
6. Ucapan Terimakasih.pdf

Download (74kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (107kB)
[img] Text
8. Daftar Tabel.pdf

Download (25kB)
[img] Text
9. Daftar Gambar.pdf

Download (28kB)
[img] Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (37kB)
[img] Text
11. Bab I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
12. Bab II.pdf

Download (562kB)
[img] Text
13. Bab III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
15. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB)
[img] Text
17. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
18. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran diferensiasi terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Padamara pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimen dengan desain the matching-only posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Padamara tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 288 siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Pada penelitian ini menggunakan teknik Non-probability Sampling berupa purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X-E sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa dan kelas X-G sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data berupa non-tes menggunakan angket Collaboration Self�Asessmen Tool (CSAT) dengan 44 item pernyataan dan lembar observasi keterampilan komunikasi lisan dengan 5 indikator sebagai aspek pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji One Way Anova. Berdasarkan hasil analisis data secara parsial dan simultan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pengaruh pembelajaran diferensiasi terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Padamara pada materi perubahan lingkungan. Kata Kunci: Pembelajaran Diferensiasi, Keterampilan Komunikasi, Keterampilan Kolaborasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:24
Last Modified: 28 Mar 2024 07:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12360

Actions (login required)

View Item View Item