PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII MTs Ash-Shiddiqin Ciamis)

NURJANAH, NUNUNG (2016) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII MTs Ash-Shiddiqin Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
02. lembar pengesahan.pdf

Download (265kB)
[img] Text
03. pernyataan keaslian.pdf

Download (255kB)
[img] Text
04. abstrak.pdf

Download (29kB)
[img] Text
05. Kata Pengantar.pdf

Download (257kB)
[img] Text
06. daftar isi.pdf

Download (157kB)
[img] Text
07. daftar tabel.pdf

Download (157kB)
[img] Text
08. Daftar Lampiran.pdf

Download (147kB)
[img] Text
09. BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (650kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (360kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[img] Text
15. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
16. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang lebih baik antara yang menggunakan model Problem Based Learning dengan model pembelajaran inkuiri serta mengetahui disposisi matematik peserta didik melalui penggunaan model Problem Based Learning dan model pembelajaran inkuiri. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Ash-Shiddiqin, sampel diambil secara acak yang terpilih adalah kelas peserta didik kelas VIII-B yang menggunakan model Problem Based Learning dan kelas VIII-D yang menggunakan model pembelajaran inkuiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik dan pemberian angket disposisi matematik. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji perbedaan dua rata-rata. Hasil analisis menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran inkuiri serta disposisi matematik peserta didik melalui penggunaan model Problem Based Learning dan model pembelajaran inkuiri adalah positif. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning (PBL), Model Pembelajaran Inkuiri, Disposisi Matematik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:23
Last Modified: 28 Mar 2024 07:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12353

Actions (login required)

View Item View Item