NURHIDAYATI, ASERIFAH (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Integral dan Limit Fungsi Aljabar di Pondok Pesantren Shuffah Al-Jama’ah Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.Cover.pdf Download (156kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (157kB) |
|
Text
3. Lembar Penguji.pdf Download (88kB) |
|
Text
4. Halaman Pribadi.pdf Download (116kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (122kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (178kB) |
|
Text
7. Ucapan Terimakasih.pdf Download (120kB) |
|
Text
8. Daftar Isi.pdf Download (60kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (190kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (294kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (281kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (66kB) |
|
Text
15. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Model pembelajaran kurang bervariatif dapat mengakibatkan hasil belajar belum memenuhi standar. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika yang masih rendah karena belum mencapai nilai KKM yakni 75. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar peserta didik Pondok Pesantren Shuffah Al-Jama’ah pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw meningkat atau tidak. Adapun penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Subjek penelitian yakni 15 peserta didik Pondok Pesantren Shuffah Al-Jama’ah, 1 pimpinan Pondok Pesantren Shuffah Al�Jama’ah, dan 1 pendidik Mata Pelajaran Matematika. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik karena telah mencapai KKM. Peningkatan ini dapat dilihat dari setiap siklus, pada pra-siklus rata-rata nilai belajar peserta didik adalah 69,3 dengan presentase ketuntasan 33,3% yakni sebanyak 5 dari 15 peserta didik yang tuntas. Pada siklus 1 rata-rata nilai belajar peserta didik pada post-test adalah 70,8 dengan presentase ketuntasan 40% yakni sebanyak 6 dari 15 peserta didik yang tuntas, dan pada siklus 2 rata-rata nilai belajar peserta didik pada post-test adalah 93 dengan presentase ketuntasan 100% yakni sebanyak 15 dari 15 peserta didik tuntas. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Simpulan dari melakukan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Hasil Belajar, Matematika
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 03:22 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 03:22 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12328 |
Actions (login required)
View Item |