PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Integral dan Limit Fungsi Aljabar di Pondok Pesantren Shuffah Al-Jama’ah Tasikmalaya)

NURHIDAYATI, ASERIFAH (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Integral dan Limit Fungsi Aljabar di Pondok Pesantren Shuffah Al-Jama’ah Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.Cover.pdf

Download (156kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (157kB)
[img] Text
3. Lembar Penguji.pdf

Download (88kB)
[img] Text
4. Halaman Pribadi.pdf

Download (116kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (122kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (178kB)
[img] Text
7. Ucapan Terimakasih.pdf

Download (120kB)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (60kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (294kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (281kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (66kB)
[img] Text
15. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran kurang bervariatif dapat mengakibatkan hasil belajar belum memenuhi standar. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika yang masih rendah karena belum mencapai nilai KKM yakni 75. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar peserta didik Pondok Pesantren Shuffah Al-Jama’ah pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw meningkat atau tidak. Adapun penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Subjek penelitian yakni 15 peserta didik Pondok Pesantren Shuffah Al-Jama’ah, 1 pimpinan Pondok Pesantren Shuffah Al�Jama’ah, dan 1 pendidik Mata Pelajaran Matematika. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik karena telah mencapai KKM. Peningkatan ini dapat dilihat dari setiap siklus, pada pra-siklus rata-rata nilai belajar peserta didik adalah 69,3 dengan presentase ketuntasan 33,3% yakni sebanyak 5 dari 15 peserta didik yang tuntas. Pada siklus 1 rata-rata nilai belajar peserta didik pada post-test adalah 70,8 dengan presentase ketuntasan 40% yakni sebanyak 6 dari 15 peserta didik yang tuntas, dan pada siklus 2 rata-rata nilai belajar peserta didik pada post-test adalah 93 dengan presentase ketuntasan 100% yakni sebanyak 15 dari 15 peserta didik tuntas. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Simpulan dari melakukan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:22
Last Modified: 14 Mar 2024 03:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12328

Actions (login required)

View Item View Item