ENGLISH LANGUAGE LEARNING ACTIVITIES IN AN INDONESIAN JUNIOR HIGH SCHOOL: OUTLINING CHALLENGES AND SOLUTIONS

PANGARIBUAN, EVA ULIANA DESWANTY (2023) ENGLISH LANGUAGE LEARNING ACTIVITIES IN AN INDONESIAN JUNIOR HIGH SCHOOL: OUTLINING CHALLENGES AND SOLUTIONS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (136kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (190kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (105kB)
[img] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (93kB)
[img] Text
4. PERSONAL PAGE ( MOTTO ).pdf

Download (24kB)
[img] Text
7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (152kB)
[img] Text
6. PREFACE.pdf

Download (125kB)
[img] Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (97kB)
[img] Text
9. CHAPTER 1.pdf

Download (85kB)
[img] Text
10. CHAPTER 2.pdf

Download (140kB)
[img] Text
11. CHAPTER 3.pdf

Download (139kB)
[img] Text
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
14. REFERENCES.pdf

Download (100kB)
[img] Text
15. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Belajar bahasa Inggris menjadi tantangan tersendiri bagi siswa sekolah menengah pertama. Secara khusus, bahasa inggris adalah salah satu ilmu penting yang harus dikuasai di era sekarang. Namun faktanya pada pembelajaran di tingkat sekolah menengah pertama banyak siswa yang merasa kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan siswa selama kegiatan kelas Bahasa Inggris dan solusi untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut. Dalam upaya pengumpulan data, penelitian ini melakukan wawancara kepada dua partisipan di salah satu menengah pertama Tasikmalaya, Jawa barat, Indonesia. Data dianalisis menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Temuan dari penelitian ini mengidentifikasi bahwa ada tiga kesulitan yang dihadapi siswa selama belajar Bahasa Inggris. Tantangan tersebut meliputi: (1) tantangan berlatih mendengarkan, berbicara, dan menulis bahasa Inggris, (2) strategi yang berpusat pada guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris, dan (3) kecemasan belajar Bahasa Inggris. Selain itu, temuan penelitian ini juga menemukan bahwa ada tiga solusi untuk mengatasi kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris yaitu: (1) perbanyak praktik pembelajaran Bahasa Inggris, (2) penyesuaian kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris dengan gaya belajar siswa, dan (3) pengelolaan kelas yang efektif. Kata kunci: pembelajaran Bahasa Inggris, siswa sekolah menengah pertama, tantangan pembelajaran, dan solusi belajar bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Mar 2024 02:33
Last Modified: 06 Mar 2024 02:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12251

Actions (login required)

View Item View Item