ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GENDER DENGAN METODE PEMBIASAAN

NURLAYINAH, YANI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GENDER DENGAN METODE PEMBIASAAN. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (223kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (69kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (68kB)
[img] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text
05. KATA PENGANTAR.pdf

Download (443kB)
[img] Text
06. DAFTAR ISI,TABEL,GAMBAR,LAMPIRAN.pdf

Download (444kB)
[img] Text
07. BAB 1.pdf

Download (367kB)
[img] Text
08. BAB 2.pdf

Download (503kB)
[img] Text
09. BAB 3.pdf

Download (481kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB)
[img] Text
13. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Survei Program for Internasional Student Assessment (PISA) yang merupakan survei dunia terhadap kualitas pendidikan di suatu Negara terhadap literasi matematis siswa. Menurut PISA Indonesia berada di peringkat ke 72 dari 74 negara yang ikut penilaian pada tahun 2019. Adapun hal lain yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu kemampuan literasi siswa di SMP Plus Al-Miqdar hasil observasi yang menunjukkan kurangnya kemampuan literasi matematis siswa yaitu dilihat dari kurangnya nilai ulangan siswa dibawah KKM yang ditentukan. Tujuannya yaitu untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi matematis, perbedaan kemampuan literasi matematis, serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis dengan penggunaan metode pembiasaan terhadap siswa laki-laki dan siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian. Untuk teknik pengumpulan datanya, peneliti menggunakan tes pretest dan posttest, tes kemampuan literasi matematis siswa dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar pretest dan posttest, lembar tes kemampuan literasi matematis siswa, lembar penilaian dari instrumen test dan pedoman wawancara. Sumber data pada penelitian ini adalah 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan kelas VII SMP Plus Al-Miqdar. Adapun analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki mencapai tingkatan baik, sedangkan siswa perempuan menunjukkan kemampuan mencapai tingkatan baik pula. Adanya perbedaan kemampuan literasi matematis pada siswa laki-laki dan siswa perempuan dapat dilihat dari prosentase siswa laki-laki dan siswa perempuan. Serta adanya pengaruh metode pembiasaan terhadap kemampuan literasi. Kata Kunci : Kemampuan Literasi Matematis, Gender, Metode Pembiasaan

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Mar 2024 02:20
Last Modified: 06 Mar 2024 02:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12249

Actions (login required)

View Item View Item