PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN CANVA FOR EDUCATION DENGAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

Nurhayati, Sovi Endah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN CANVA FOR EDUCATION DENGAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (50kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf

Download (360kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR, DI, DT, DG Sovi.pdf

Download (132kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (435kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (293kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan canva for education dengan pendekatan RME serta menganalisis efektivitas signifikansi media pembelajaran interaktif berbantuan canva for education dengan pendekatan RME dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru matematika, 5 orang peserta didik kelas IX diluar kelas eksperimen, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, dan 21 orang peserta didik yang diambil dengan teknik purposive sampling dari kelas IX-A dan IX-B MTs Daarutholibin Sukawangi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE melalui tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation untuk mendapatkan produk yang valid dan praktis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara terstruktur, angket dan tes kemampuan literasi matematis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon pengguna, dan soal tes kemampuan literasi matematis. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, pada tahap Analysis peneliti melakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis materi, analisis tujuan pembelajaran, dan analisis karakteristik peserta didik. Pada tahap design peneliti membuat peta konsep materi, flowchart, storyboard, mengumpulkan referensi, merancang instrumen tes, menyusun lembar validasi ahli materi dan ahli media, serta membuat angket respon pengguna. Pada tahap development peneliti menghasilkan produk yang telah dirancang, melakukan validasi kepada ahli materi dan ahli media dengan hasil validasi berada pada kategori “sangat layak digunakan” serta melakukan uji coba produk kepada 1 orang guru matematika dan 5 orang peserta didik di luar kelas eksperimen dan memperoleh respon positif dengan kategori “sangat baik”. Pada tahap implementation, media diterapkan dalam kegiatan pembelajaran kepada 21 orang peserta didik. Pada tahap evaluation diketahui nilai rata-rata kemampuan literasi matematis peserta didik pada posttest lebih besar dari nilai rata-rata kemampuan literasi matematis peserta didik pada pretest. Respon pengguna terhadap media pembelajaran interaktif berbantuan canva for education dengan pendekatan RME positif dengan kategori “baik”. Hasil dari analisis N-Gain score diperoleh kategori “sedang”. Hasil pengujian Effect Size (ES) diperoleh kategori “Strong Effect”. Hasil uji hipotesis diperoleh kesimpulan “terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan literasi matematis pada peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbantuan canva for education dengan pendekatan RME”. Kata Kunci: interaktif, canva for education, RME, literasi matematis.

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Mar 2024 08:13
Last Modified: 05 Mar 2024 08:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12242

Actions (login required)

View Item View Item