PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR

HERDIANA, HERDIANA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (272kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (116kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (158kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (474kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (488kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] Text
13.LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Siswa yang tidak mandiri dalam menggunakan dan mengakses media pembelajaran berbasis web merupakan masalah bagi pendidik yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran. Kemandirian belajar merupakan kompetensi penting bagi siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web menggunakan Google Sites dengan memberikan inovasi baru dalam pembelajaran sehingga media pembelajaran lebih bekualitas dan evektif dari media yang sudah ada. Terbetuknya media ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE melalui: beberapa tahapan yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu pemberian angket dan validasi produk. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemandirian belajar siswa, lembar validasi untuk ahli materi, ahli media dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian mengenai media yang digunakan sangat baik berdasarkan validasi oleh ahli materi dan ahli media dengan skala 91%, Berdasarkan angket respon siswa menunjukkan hasil baik dengan skala 73%. Dan kualitas peningkatan kemandirian belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran matematika berbasis web menggunakan google sites sebesar 0,4 dengan kategori sedang

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Mar 2024 06:43
Last Modified: 05 Mar 2024 06:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12234

Actions (login required)

View Item View Item