PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENGEKSPLOR PEMAHAMAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

DARMAWAN, ADE (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENGEKSPLOR PEMAHAMAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER (1).pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (65kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (294kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI-DAFTAR TABEL-DAFTAR GAMBAR-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (312kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (320kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (457kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk e�modul berbasis android berbantuan Articulate Storyline 3 dan mengetahui kelayakan. Metode yang digunakan yaitu metode research and development model Luther Sutopo dengan tahapan Konsep, Desain, Pengumpulan bahan, Pembuatan, Pengujian, dan Penyebaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner dan tes pemahaman. Instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara pra penelitian, angket penilaian ahli materi dan ahli media, angket respon peserta didik dan soal tes. Data penelitian bersumber dari dua ahli materi dan dua ahli media, serta peserta didik kelas VIII SMP Islam Bina Insan Mandiri Bantarkalong Tasikmalaya. Penelitian ini menghasilkan aplikasi berbasis android dalam bentuk e- modul. E- modul dinilai dari keefektifan penggunaan yang diukur ahli media berdasarkan kualitas teknis, dan ahli materi kualitas isi dan tujuan, dan kualitas instruksional. Hasil Ahli media menyatakan E- Modul masuk pada kategori layak dengan skala 78,75% dan ahli materi menyatakan E- modul masuk pada kategori layak dengan skala 76%, dan berdasarkan angket respon peserta didik pada uji coba penilaian kualitas instruksional menghasilkan kategori yang baik dengan skala 75,15%. Efektifitas e- modul dalam mengekspor pemahaman matematika pada materi bangun ruang sisi datar masuk kategori tinggi dengan skor 5,1. Jadi penggunaan E- Modul dinyatakan masuk pada kategori layak sehingga efektif dalam mengeksplor pemahaman matematika peserta didik. Kata kunci: Pengembangan E- Modul, E- Modul berbasis Android, Articulate Storyline 3.

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Mar 2024 08:06
Last Modified: 04 Mar 2024 08:06
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12232

Actions (login required)

View Item View Item