DARMAWAN, ADE (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENGEKSPLOR PEMAHAMAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER (1).pdf Download (83kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (143kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (65kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (294kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI-DAFTAR TABEL-DAFTAR GAMBAR-DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (312kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (321kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (320kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (457kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk e�modul berbasis android berbantuan Articulate Storyline 3 dan mengetahui kelayakan. Metode yang digunakan yaitu metode research and development model Luther Sutopo dengan tahapan Konsep, Desain, Pengumpulan bahan, Pembuatan, Pengujian, dan Penyebaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner dan tes pemahaman. Instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara pra penelitian, angket penilaian ahli materi dan ahli media, angket respon peserta didik dan soal tes. Data penelitian bersumber dari dua ahli materi dan dua ahli media, serta peserta didik kelas VIII SMP Islam Bina Insan Mandiri Bantarkalong Tasikmalaya. Penelitian ini menghasilkan aplikasi berbasis android dalam bentuk e- modul. E- modul dinilai dari keefektifan penggunaan yang diukur ahli media berdasarkan kualitas teknis, dan ahli materi kualitas isi dan tujuan, dan kualitas instruksional. Hasil Ahli media menyatakan E- Modul masuk pada kategori layak dengan skala 78,75% dan ahli materi menyatakan E- modul masuk pada kategori layak dengan skala 76%, dan berdasarkan angket respon peserta didik pada uji coba penilaian kualitas instruksional menghasilkan kategori yang baik dengan skala 75,15%. Efektifitas e- modul dalam mengekspor pemahaman matematika pada materi bangun ruang sisi datar masuk kategori tinggi dengan skor 5,1. Jadi penggunaan E- Modul dinyatakan masuk pada kategori layak sehingga efektif dalam mengeksplor pemahaman matematika peserta didik. Kata kunci: Pengembangan E- Modul, E- Modul berbasis Android, Articulate Storyline 3.
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 08:06 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 08:06 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12232 |
Actions (login required)
View Item |