ANALISIS MISKONSEPSI KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI DITINJAU DARI HABITS OF MIND

ANGGRAENI, RINA (2023) ANALISIS MISKONSEPSI KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI DITINJAU DARI HABITS OF MIND. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (86kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. Lembar Persetujuan Perbaikan.pdf

Download (290kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (159kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (57kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (158kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL DAN DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (127kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (297kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (377kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi kemampuan pembuktian matematis siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri ditinjau dari habits of mind. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposive. Subjek dalam penelitian sebanyak 6 siswa kelas X MIPA 8 SMAN 1 Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat yang terdiri dari siswa dengan habits of mind tinggi, 2 siswa dengan habits of mind sedang dan 2 siswa dengan habits of mind rendah. Pengumpulan data melalui tes kemampuan pembuktian matematis materi trigonometri, dan angket habits of mind yang sudah tervalidasi serta wawancara tidak terstruktur. Soal tes kemampuan pembuktian matematis berbentuk soal uraian untuk mengukur indikator-indikator kemampuan pembuktian matematis yang kemudian dianalisis miskonsepsinya. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah miskonsepsi kemampuan pembuktian matematis siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri ditinjau dari habits of mind tinggi yaitu miskonsepsi sistematik dan miskonsepsi strategi pada indikator kemampuan pembuktian matematis melengkapi pembuktian dan memanipulasi fakta untuk menunjukkan kebenaran dari suatu pernyataan. Miskonsepsi kemampuan pembuktian matematis siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri ditinjau dari habits of mind sedang yaitu miskonsepsi sistematik, miskonsepsi konsep dan miskonsepsi strategi pada indikator kemampuan pembuktian matematis melengkapi pembuktian dan memanipulasi fakta untuk menunjukkan kebenaran dari suatu pernyataan. Miskonsepsi kemampuan pembuktian matematis siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri ditinjau dari habits of mind rendah yaitu miskonsepsi sistematik, miskonsepsi konsep dan miskonsepsi strategi pada indikator kemampuan pembuktian matematis membuat koneksi antar fakta dan konklusi yang akan dibuktikan kebenarannya, melengkapi pembuktian dan memanipulasi fakta untuk menunjukkan kebenaran dari suatu pernyataan. Kata Kunci: Miskonsepsi, Kemampuan Pembuktian Matematis, Habits of Mind

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 Feb 2024 07:32
Last Modified: 23 Feb 2024 07:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12202

Actions (login required)

View Item View Item