ANGGRAENI, RINA (2023) ANALISIS MISKONSEPSI KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI DITINJAU DARI HABITS OF MIND. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (86kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (267kB) |
|
Text
3. Lembar Persetujuan Perbaikan.pdf Download (290kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (159kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (57kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (158kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL DAN DAFTAR GAMBAR.pdf Download (127kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (264kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (297kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (377kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (782kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
Text
14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi kemampuan pembuktian matematis siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri ditinjau dari habits of mind. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposive. Subjek dalam penelitian sebanyak 6 siswa kelas X MIPA 8 SMAN 1 Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat yang terdiri dari siswa dengan habits of mind tinggi, 2 siswa dengan habits of mind sedang dan 2 siswa dengan habits of mind rendah. Pengumpulan data melalui tes kemampuan pembuktian matematis materi trigonometri, dan angket habits of mind yang sudah tervalidasi serta wawancara tidak terstruktur. Soal tes kemampuan pembuktian matematis berbentuk soal uraian untuk mengukur indikator-indikator kemampuan pembuktian matematis yang kemudian dianalisis miskonsepsinya. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah miskonsepsi kemampuan pembuktian matematis siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri ditinjau dari habits of mind tinggi yaitu miskonsepsi sistematik dan miskonsepsi strategi pada indikator kemampuan pembuktian matematis melengkapi pembuktian dan memanipulasi fakta untuk menunjukkan kebenaran dari suatu pernyataan. Miskonsepsi kemampuan pembuktian matematis siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri ditinjau dari habits of mind sedang yaitu miskonsepsi sistematik, miskonsepsi konsep dan miskonsepsi strategi pada indikator kemampuan pembuktian matematis melengkapi pembuktian dan memanipulasi fakta untuk menunjukkan kebenaran dari suatu pernyataan. Miskonsepsi kemampuan pembuktian matematis siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri ditinjau dari habits of mind rendah yaitu miskonsepsi sistematik, miskonsepsi konsep dan miskonsepsi strategi pada indikator kemampuan pembuktian matematis membuat koneksi antar fakta dan konklusi yang akan dibuktikan kebenarannya, melengkapi pembuktian dan memanipulasi fakta untuk menunjukkan kebenaran dari suatu pernyataan. Kata Kunci: Miskonsepsi, Kemampuan Pembuktian Matematis, Habits of Mind
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 07:32 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 07:32 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12202 |
Actions (login required)
View Item |