PENGARUH MODEL READING, IDENTIFYING, CONSTRUCTING, SOLVING, REVIEWING, AND EXTENDING (RICOSRE) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF (Studi Eksperimen pada Materi Perubahan Lingkungan di Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

SRIKANDI, ANNISA (2023) PENGARUH MODEL READING, IDENTIFYING, CONSTRUCTING, SOLVING, REVIEWING, AND EXTENDING (RICOSRE) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF (Studi Eksperimen pada Materi Perubahan Lingkungan di Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (341kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (382kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (718kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (662kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Reading, Identifying, Constructing, Solving, Reviewing, dan Extending (RICOSRE) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 6 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 dengan populasinya adalah seluruh kelas X MIPA yang terdiri dari tujuh kelas dan sampel diambil berdasarkan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif verbal sebanyak 19 soal uraian dan tes hasil belajar kognitif sebanyak 24 soal pilihan majemuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-gain keterampilan berpikir kreatif pada kelas eksperimen sebesar 0.46 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,15. Selanjutnya rata-rata nilai n-gain hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,48 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,28. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan Uji Ancova dan menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Reading, Identifying, Constructing, Solving, Reviewing, dan Extending (RICOSRE) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIPA SMAN 6 Tasikmalaya. Kata Kunci: RICOSRE; Keterampilan Berpikir Kreatif; Hasil Belajar Kognitif; Perubahan Lingkungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Feb 2024 08:27
Last Modified: 16 Feb 2024 08:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12189

Actions (login required)

View Item View Item