RIZKIA, DEVIA MUTIARA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CIKATOMAS BERDASARKAN GAYA BERPIKIR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (55kB) |
|
Text
3 SURAT KETERANGAN.pdf Download (72kB) |
|
Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (65kB) |
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Download (125kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMRIRAN.pdf Download (243kB) |
|
Text
8 BAB 1.pdf Download (140kB) |
|
Text
9 BAB 2.pdf Download (630kB) |
|
Text
10 BAB 3.pdf Download (178kB) |
|
Text
11 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan analogi matematis peserta didik ditinjau dari gaya berpikir sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret dan acak abstrak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII E di SMP Negeri 1 Cikatomas yang menyelesaikan seluruh tahapan penalaran analogi, serta dapat mengungkapkan pikirannya secara tulisan melalui tes, maupun lisan melalui wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik dengan gaya berpikir sekuensial konkret dan sekuensial abstrak saja yang dapat menyelesaikan seluruh tahapan penalaran analogi secara runtut. Subjek S01-SK dapat memenuhi keempat tahapan yaitu encoding, inferring, mapping, dan applying secara runtut, subjek dapat memanfaatkan pengetahuan awal untuk dapat menyelesaikan permasalahan pada masalah tagret dan berusaha keras untuk mengerjakan masalah dengan benar. Subjek S20-SA dapat memenuhi keempat tahapan yaitu encoding, inferring, mapping, dan applying secara rinci, subjek mampu berpikir konseptual dan menganalisis informasi secara mendalam agar dapat memahami persoalan. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Analogi Matematis, Gaya Berpikir Gregorc
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 07:09 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 07:09 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12149 |
Actions (login required)
View Item |