MUNAWAROH, SILVIA SAFITRI (2023) PENGARUH PENDIDIKAN GIZI MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DENGAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV SDN 1 Cempaka di Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon Tahun 2023). Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.
Text
1. COVER.pdf Download (20kB) |
|
Text
2. HALAMAN JUDUL.pdf Download (20kB) |
|
Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (71kB) |
|
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (113kB) |
|
Text
5. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (68kB) |
|
Text
6. PEDOMAN PENGGUNAAN SKRIPSI.pdf Download (3kB) |
|
Text
7. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (14kB) |
|
Text
8. KATA PENGANTAR.pdf Download (127kB) |
|
Text
9. ABSTRAK.pdf Download (111kB) |
|
Text
10. ABSTRACT.pdf Download (6kB) |
|
Text
11. DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) |
|
Text
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (182kB) |
|
Text
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5kB) |
|
Text
14. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (187kB) |
|
Text
15. BAB I.pdf Download (140kB) |
|
Text
16. BAB II.pdf Download (220kB) |
|
Text
17. BAB III.pdf Download (412kB) |
|
Text
18. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
19. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
20. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
21. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
|
Text
22. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pengetahuan gizi merupakan salah satu indikator penting yang berkontribusi dalam menentukan derajat kesehatan masyarakat. Beberapa faktor yang dapat menjadi pemicu munculnya berbagai masalah gizi dan kesehatan pada berbagai kelompok usia, termasuk anak usia sekolah ialah kurangnya pengetahuan gizi, terutama mengenai gizi seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan gizi menggunakan metode ceramah dengan media booklet terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang siswa kelas IV di SDN 1 Cempaka, Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desian pre-post test one group design. Subjek penelitian yang menjadi sasaran yakni siswa kelas IV (usia 9-10 tahun) berjumlah 58 orang. Instrumen yang digunakan adalah media cetak berupa booklet serta tes pengetahuan gizi seimbang untuk mengukur skor pengetahuan gizi siswa sebelum dan setelah diberi intervensi. Analisis bivariat menggunakan uji beda paired sample t–test. Rata-rata skor pengetahuaan gizi seimbang siswa saat pre-test adalah 10,29 ± 2,97, sedangkan rata-rata skor pengetahuan saat post-test yaitu 14,22 ± 3,03. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang siswa sebelum dan setelah diberi intervensi (p=0,000). Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa pendidikan gizi menggunakan metode ceramah dengan media booklet berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang siswa sekolah dasar. Diharapkan media booklet ini mampu diterima sebagai salah satu media dalam memperoleh pendidikan gizi oleh siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Pengetahuan, Gizi Seimbang, Ceramah, Booklet, Siswa SD.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 04:08 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 04:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12137 |
Actions (login required)
View Item |