PERAN KEPUASAN MAHASISWA DALAM MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS LAYANAN, CITRA PERGURUAN TINGGI, DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PERGURUAN TINGGI SWASTA (Studi Empiris Pada Universitas Swasta di Kabupaten Kuningan)

RODHIYAH, RODHIYAH (2024) PERAN KEPUASAN MAHASISWA DALAM MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS LAYANAN, CITRA PERGURUAN TINGGI, DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PERGURUAN TINGGI SWASTA (Studi Empiris Pada Universitas Swasta di Kabupaten Kuningan). Pascasarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (45kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (349kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN (1).pdf

Download (324kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (7kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR- DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung kualitas layanan, citra perguruan tinggi dan experiential marketing terhadap keunggulan bersaing perguruan tinggi swasta dengan kepuasan mahasiswa sebagai variabel mediasi. Studi empiris dilakukan pada Universitas Swasta di Kabupaten Kuningan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportionate stratisfied random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 380 sampel yang merupakan mahasiswa aktif dengan kriteria minimal telah menempuh perkuliahan selama satu tahun. Instrumen penelitian ini adalah kuisioner pernyataan dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan Stuctural Equation Modelling dengan aplikasi Smart PLS. Hasil penelitian menunjukan 1) Kualitas layanan, citra perguruan tinggi, experiential marketing dan kepuasan mahasiswa ada dalam kriteria baik sedangkan keunggulan bersaing ada dalam kriteria sangat baik. 2) Kualitas layanan dan citra perguruan tinggi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, namun experiential marketing berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing 3) Kualitas layanan, citra perguruan tinggi dan experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa 4) Kepuasan mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing 5) Kualitas layanan, citra perguruan tinggi dan experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing melalui kepuasan mahasiswa sebagai variabel mediasi. 6) Pada multigroup analysis, peran kepuasan dalam memediasi pengaruh kualitas layanan, citra perguruan tinggi dan experiential marketing terhadap keunggulan bersaing pada kedua perguruan tinggi tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Kata kunci: Keunggulan Bersaing, Kualitas Layanan, Citra Perguruan Tinggi, Experiential Marketing, Kepuasan Mahasiswa, Perguruan Tinggi Swasta, Multigrup Analysis

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:50
Last Modified: 13 Feb 2024 03:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12136

Actions (login required)

View Item View Item