NURJAMAN, DEDE HASAN (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen Terhadap Kelas XI IPS MAN 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.
Text
COVER.pdf Download (34kB) |
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (106kB) |
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (92kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (17kB) |
|
Text
KETERANGAN SKRIPSI DIPERTAHANKAN.pdf Download (90kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (73kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR(1).pdf Download (64kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (23kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (12kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (9kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (97kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (186kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (389kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (109kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
RWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di MAN 3 Kota Tasikmalaya yaitu hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis eksperimen semu, menggunakan desain non-equivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk pilihan majemuk. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS MAN 3 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 48 orang. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 1 berjumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen, serta kelas XI IPS 2 berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media pembelajaran infografis dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Rata-rata skor kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan media pembelajaran infografis dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Discovery Learning, Media Pembelajaran Infografis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 03:14 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 03:14 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12131 |
Actions (login required)
View Item |