PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ELASTISITAS BAHAN (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI IPA MAN 3 Tasikmalaya Tahun 2023/2024)

VERDZIANI, KHOFIFAH (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ELASTISITAS BAHAN (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI IPA MAN 3 Tasikmalaya Tahun 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (661kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (631kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (71kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (75kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (106kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (76kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (75kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (14kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (101kB)
[img] Text
13. BAB 2.pdf

Download (274kB)
[img] Text
14. BAB 3.pdf

Download (256kB)
[img] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
19. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui kemampuan berpikir kreatif peserta didik masih dalam kategori kurang oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi elastisitas bahan. Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pre test-post test control group design. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas dengan jumlah sampel 70 peserta didik, sehingga diperoleh kelas kontrol dan kelas eksperimen. Untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif peserta didik dilakukan tes berbentuk uraian dengan jumlah soal 4 butir dengan indikator keterampilan berpikir kreatif pada materi elastisitas bahan. Pada penelitian ini digunakan teknik analisis data sebagai berikut, uji coba instrumen yang terdiri dari uji validitas ahli, uji validtas dan juga uji reliabilitas, selain itu ada uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, serta ada uji hipotesis atau uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:33
Last Modified: 12 Feb 2024 01:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12104

Actions (login required)

View Item View Item