AISYAH, DEWI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) BERBANTUAN PADLET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG BUNYI (Eksperimen pada Pembelajaran Fisika kelas XI MIPA SMAN 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (135kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (467kB) |
|
Text
4. REKOMENDASI.pdf Download (373kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (315kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMAKSIH.pdf Download (99kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (130kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (1MB) |
|
Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (134kB) |
|
Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (135kB) |
|
Text
13. BAB I.pdf Download (186kB) |
|
Text
14. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
15. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
|
Text
20. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
21. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Gelombang bunyi. Sehubungan dengan hal tersebut peneliti berupaya mengatasi masalah tersebut dengan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) berbantuan Padlet guna membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SOLE berbantuan Padlet terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi Gelombang bunyi. Penelitian ini dimulai pada bulan Januari 2023 sampai dengan bulan Juni 2023 di SMAN 10 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group desain. Populasi penelitian yaitu kelas XI MIPA yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah total 184 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling dan terpilih kelas XI MIPA 3 dan kelas XI MIPA 4. Untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah menggunakan observasi dan test. Insrumen yang digunakan berupa test yaitu dilakukan pretest dan posttest untuk mengetahui tingkat tercapainya indikator pemecahan masalah, dan juga menggunakan lembar nontes untuk mengetahui keterlaksanaan sintaks model pembelajaran. Teknik pengolahan data yang digunakan berupa uji validasi ahli, uji coba instrumen, uji prasyarat, uji hipotesis, dan uji N-gain. Berdasarkan perhitungan hipotesis didapatkan bahwa �ℎ��
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 08:19 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 08:19 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12069 |
Actions (login required)
View Item |