KARISMA, RITA (2023) DESAIN PEMBELAJARAN OPERASI HIMPUNAN MELALUI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (83kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (533kB) |
|
Text
14. SK SKRIPSI.pdf Download (785kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (71kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (61kB) |
|
Text
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf Download (227kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (115kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (410kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (113kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
Text
15. BIODATA PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan konteks buku kesukaan dan menghasilkan lintasan belajar (learning trajectory) peserta didik pada pembelajaran operasi himpunan melalui model discovery learning berbantuan software geogebra. Metode penelitian ini menggunakan Design Research (DR), yang meliputi 3 tahapan: desain pendahuluan (preliminary design), percobaan desain (design experiment), dan analisis retrospektif (retrospektif analysis). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi untuk mengamati dan mencatat beberapa hal penting berkaitan dengan aktivitas pembelajaran serta kondisi lingkungan yang terjadi, merekam kegiatan pembelajaran untuk memperoleh data mengenai aktivitas peserta didik, memberikan LKPD sebagai bahan belajar peserta didik dalam menemukan dan memahami konsep materi operasi himpunan, memberikan soal evaluasi, dan melakukan wawancara. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik SMP Negeri 1 Cisayong kelas VII-C pada tahap pilot experiment dan VII-F pada tahap teaching experiment. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan konteks buku kesukaan dapat membantu peserta didik untuk membangun konsep dasar dalam menemukan konsep materi operasi himpunan; dan (2) lintasan belajar yang dihasilkan dalam mempelajari materi operasi himpunan, yaitu: (a) mengamati masalah yang berkaitan dengan konsep operasi himpunan menggunakan konteks buku kesukaan, (b) mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan konsep operasi himpunan menggunakan konteks buku kesukaan, (c) mengumpulkan informasi mengenai permasalahan operasi himpunan dengan mendata anggota himpunan dan menentukan anggota Himpunan A dan anggota Himpunan B, (d) mengolah data buku kesukaan berbantuan software geogebra dengan menentukan irisan, gabungan, komplemen dan selisih dua himpunan, (e) membuktikan hipotesis yang dibuat berdasarkan informasi yang telah didapatkan, dan (f) menyimpulkan definisi operasi himpunan irisan, gabungan, komplemen dan selisih. Kata kunci: Design Research, Operasi Himpunan, Discovery Laerning, Software Geogebra , Learning Trajectory
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 08:01 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 08:01 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12065 |
Actions (login required)
View Item |