PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN LITERASI SAINS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS X SMA N 1 PARIGI)

NURROHMAH, DWI SUCI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN LITERASI SAINS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS X SMA N 1 PARIGI). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (36kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (189kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (325kB)
[img] Text
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf

Download (353kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (435kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (836kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar dan literasi sains pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA N 1 Parigi. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 1 Parigi Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh dua kelas yaitu kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran project based learning dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran discovery learning. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes multiple choice pada hasil belajar dan literasi sains. Teknik analisis data dengan uji ANACOVA, berdasarkan hasil analisis data pengujian hipotesis hal ini ditunjukan dengan nilai signifikasi sebesar 0,05 maka H0 ditolak sehingga Ha diterima. Adapun skor rata-rata posttest pada kelas kontrol hasil belajar sebesar 0,20 kelas eksperimen 0,07. Serta perolehan skor rata-rata nilai kelas eksperimen literasi sains sebesar 0,07 dan pada kelas kontrol sebesar 0,11. Sehingga dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dan literasi sains. Kata kunci : project based learning, hasil belajar, literasi sains

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:48
Last Modified: 06 Feb 2024 07:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12063

Actions (login required)

View Item View Item