EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK

NURMALASARI, NUNUNG (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (639kB)
[img] Text
3. SUKET REVISI.pdf

Download (569kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (526kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (401kB)
[img] Text
7. DAFTAR - DAFTAR.pdf

Download (231kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (684kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (556kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (594kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
15. BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, serta mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis dan disposisi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model flipped classroom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-Experimental Design dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMAN 7 Tasikmalaya dengan sampel pada penelitian ini yaitu kelas X MIPA 4. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dan angket disposisi matematis. Teknik analisis data berupa statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan menganalisis serta mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik menggunakan IBM SPSS Statistic 28. Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk, dilanjutkan dengan uji proporsi satu pihak menggunakan One Sample Proportions. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran flipped classroom efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan ketuntasan belajar secara klasikal lebih dari 75%, kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom berada pada kategori sedang, serta disposisi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom berada pada kategori tinggi. Kata kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Flipped Classroom, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Disposisi Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Feb 2024 04:47
Last Modified: 06 Feb 2024 04:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12051

Actions (login required)

View Item View Item