SAURI, MOCH. SOPIAN (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN POKOK BAHASAN SUMBER SEJARAH DI KELAS X IPS 1 SMA QURANIC SCIENCE BOARDING SCHOOL AL-KAUTSAR 561 TASIKMALAYA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2020/2021. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (69kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (644kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (447kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (580kB) |
|
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (59kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (208kB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (88kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (144kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (159kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (275kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
|
Text
13. DAFTAR SUMBER.pdf Download (57kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mencari pengaruh model pembelajaran terhadap minat belajar siswa yang muncul dalam pembelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching pada materi pokok bahasan sumber sejarah di kelas X IPS 1 SMA Quranic Science Boarding School Al-Kautsar 561 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-Eksperimental dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS 1 SMA Quranic Science Boarding School Al-Kautsar 561 Tasikmalaya sebanyak 52 siswa yang terbagi ke dalam 3 kelas. Sampel dalam penlitian ini adalah kelas XI IPS 1 dengan jumlah 15 siswa. Sampel ini diambil dengan Teknik sampling purposive. Desain yang digunakan adalah one-shot case studi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan kuesioner dengan indikator minat belajar siswa. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa nilai t hitung sebesar 55,778 dengan signifikansi 0,000. Nilai t tabel dari df 14 adalah 2,145, sehingga dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel (55,778 > 2,145) dan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 (p = 0,000 < 0,05), hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pemberian perlakuan menggunakan model pembelajaran koopertif tipe reciprocal teaching terhadap minat belajar siswa kelas X IPS 1 SMA QSBS 561 Al-Kautsar Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching, Minat Belajar Siswa, Pembelajaran Sejarah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 04:35 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 04:35 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12049 |
Actions (login required)
View Item |