RAHAYU, JUWITA KURNIA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN COGGLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01.Cover.pdf Download (75kB) |
|
Text
02.Lembar Pengesahan.pdf Download (172kB) |
|
Text
03.Pernyataan Keaslian.pdf Download (275kB) |
|
Text
04.Abstrak.pdf Download (61kB) |
|
Text
07.Ucapan Terimakasih.pdf Download (59kB) |
|
Text
06.Kata Pengantar.pdf Download (123kB) |
|
Text
08.Daftar Isi.pdf Download (72kB) |
|
Text
09.Daftar Gambar.pdf Download (162kB) |
|
Text
10.Daftar Tabel.pdf Download (62kB) |
|
Text
11.Daftar Lampiran.pdf Download (121kB) |
|
Text
12.BAB I.pdf Download (150kB) |
|
Text
13.BAB II.pdf Download (447kB) |
|
Text
14.BAB III.pdf Download (719kB) |
|
Text
15.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
|
Text
16.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
Text
17.Daftar Pustaka.pdf Download (202kB) |
|
Text
18.Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
19.Daftar RIwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan Coggle terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan kolaborasi peserta didik materi virus di kelas X MIPA SMA N 1 Cihaurbeuti. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA dengan jumlah 248 peserta didik. Adapun sampel yang digunakan yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik masing�masing 36 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen kemampuan pemecahan masalah yang telah tervalidasi dengan jumlah 7 soal dan instrumen angket CSAT (Colaboration Self Asessment Tool) dengan 11 indikator. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji ANCOVA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan Coggle secara parsial terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan signifikansi 0,000 dan terhadap kemampuan kolaborasi dengan nilai signifikansi 0,019. Adapun secara simultan, problem based learning berbantuan Coggle berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan kolaborasi peserta didik dengan nilai signifikansi 0,000. Kata Kunci : Problem Based Learning; Coggle; Kemampuan Pemecahan Masalah; Kemampuan Kolaborasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 04:10 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 04:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12045 |
Actions (login required)
View Item |