PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN NILAI-NILAI DAN KEBAHASAAN TEKS HIKAYAT DAN CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 9 Garut Tahun Ajaran 2022/2023)

Islami, Sofi Nur (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN NILAI-NILAI DAN KEBAHASAAN TEKS HIKAYAT DAN CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 9 Garut Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (42kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (225kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (263kB)
[img] Text
7 BAB 1.pdf

Download (260kB)
[img] Text
8 BAB 2.pdf

Download (390kB)
[img] Text
9 BAB 3.pdf

Download (481kB)
[img] Text
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)

Abstract

Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan teks hikayat dengan cerpen merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas X. Akan tetapi pada kenyataannya masih banyak peserta didik kelas X di SMA Negeri 9 Garut tahun ajaran 2022/2023 yang belum mampu membandingkan perbedaan maupun persamaan nilai-nilai dan kebahasaan teks hikayat dengan cerpen. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan ini penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan teks hikayat dengan cerpen pada peserta didik kelas X MIPA 4 di SMA Negeri 9 Garut tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan adanya peningkatan proses dan hasil pembelajaran dari siklus I ke siklus II. Perolehan nilai pada siklus I dalam hal pengetahuan peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah KKM sebanyak 24 peserta didik (67%) Sedangkan peserta didik yang berhasil memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 12 peserta didik (33%). Pada siklus II semua peserta didik berhasil mencapai nilai di atas KKM (70) yaitu berjumlah 36 orang (100%). Pengolahan data menggunakan uji normalitas Chi-Kuadrat kemudian Uji Wolcoxon. Hasilnya menunjukkan data yang diperoleh berdistribusi tidak normal. Sehingga pengolahan data dilanjutkan menggunakan uji wilcoxon berbasis IBM SPSS 29 dan diperoleh hasil nilai sig. = 0.001 < α = 0,05. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Artinya, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan teks hikayat dengan cerpen pada peserta didik kelas X MIPA 4 di SMA Negeri 9 Garut tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:55
Last Modified: 05 Feb 2024 02:55
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11998

Actions (login required)

View Item View Item