CULTURAL REPRESENTATION IN SELECTED CHAPTERS OF “WHEN ENGLISH RINGS A BELL” TEXTBOOK: LOCAL AND TARGET CULTURE VIEWPOINTS

NURHAYAT, ILYASA EMIL (2023) CULTURAL REPRESENTATION IN SELECTED CHAPTERS OF “WHEN ENGLISH RINGS A BELL” TEXTBOOK: LOCAL AND TARGET CULTURE VIEWPOINTS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (138kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (55kB)
[img] Text
3. APPROVAL SHEET.pdf

Download (64kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (62kB)
[img] Text
5. PERSONAL PAGE.pdf

Download (27kB)
[img] Text
8. ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (84kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
7. PREFACE.pdf

Download (28kB)
[img] Text
9. TABLE OF CONTENT.pdf

Download (34kB)
[img] Text
10. LIST OF TABLES.pdf

Download (27kB)
[img] Text
11. LIST OF PICTURES.pdf

Download (27kB)
[img] Text
12. LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (27kB)
[img] Text
13. CHAPTER 1.pdf

Download (106kB)
[img] Text
14. CHAPTER 2.pdf

Download (116kB)
[img] Text
15. CHAPTER 3.pdf

Download (108kB)
[img] Text
16. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
17. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
18. REFERENCES.pdf

Download (174kB)
[img] Text
19. ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20. Enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)

Abstract

Kurikulum di sekolah selalu mengalami perubahan. Ada kemajuan baru yang terus dilakukan dan komponen baru yang dimasukkan ke dalam kurikulum. Saat ini, budaya dan identitas telah menjadi isu penting di beberapa sekolah, dan secara perlahan mulai menunjukkan pentingnya dalam kurikulum. Oleh karena itu, keduanya juga telah menjadi sumber penelitian yang mendalam dan tak terpisahkan dari bidang Pengajaran Bahasa Inggris. Dengan latar belakang ini, penelitian ini mengkaji representasi konten yang terkait dengan budaya yang terdapat dalam buku teks elektronik Bahasa Inggris untuk tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Indonesia untuk kurikulum 2013. Penelitian ini menelusuri bagaimana budaya dilestarikan dan disebarkan dalam buku teks tersebut, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diambil dari Buku Teks Bahasa Inggris Elektronik untuk kelas VII berjudul "When English Rings a Bell" (2014) oleh Kemdikbud RI, yang berupa teks tertulis dan ilustrasi yang menyertai bacaan. Studi ini mengadopsi lima dimensi budaya yang diusulkan oleh Moran (2001), yang melibatkan produk, praktik, perspektif, dan orang. Hasilnya menunjukkan bahwa aspek budaya local Indonesia dan juga budaya sasaran dipilih secara selektif untuk dimasukkan dalam buku teks nasional ini, dengan tujuan meningkatkan kesadaran baik bagi guru maupun siswa tentang hubungan timbal balik antara bahasa dan budaya. Kata kunci: Representasi Budaya, Buku Teks, Bab Terpilih, Kualitatif Deskrptif, Budaya Lokal, Budaya Sasaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:52
Last Modified: 02 Feb 2024 06:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11987

Actions (login required)

View Item View Item