ANALISIS PROSES BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SENSING-INTUITION

DEWI, DELIANA NUR (2023) ANALISIS PROSES BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SENSING-INTUITION. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (65kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (47kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (144kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (122kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
9.DAFTAR TABEL.pdf

Download (6kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (7kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (139kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (470kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (317kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
19. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif ditinjau dari gaya belajar sensing dan intuition dalam menyelesaikan soal berpikir reflektif dengan materi bangun ruang sisi datar. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksploratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah dengan memberikan soal tes berpikir reflektif, angket gaya belajar Sensing dan Intuition, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah soal berpikir reflektif, angket gaya belajar Sensing dan Intuition. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 3 Tasikmalaya. Pengambilan subjek dalam penelitian ini diambil secara purposive, yaitu peserta didik kelas VIII-A yang mengerjakan komponen berpikir reflektif pada masing-masing gaya belajar Sensing dan Intuition. Adapun teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses berpikir reflektif peserta didik dengan gaya belajar sensing dan intuition pada fase problem context, dapat mengidentifikasi permasalahan dengan menuliskan yang diketahui dan ditanyakan pada permasalahan. Pada fase problem definition dan fase seeking possible solution, peserta didik dengan gaya belajar sensing dan intuition dapat membatasi masalah dan mengajukan suatu solusi yang mungkin dalam memecahkan permasalahan tersebut dengan menuliskan unsur-unsur yang belum ada pada soal dan digunakan dalam menyelesaikan masalah. Pada fase experimentation, peserta didik dengan gaya belajar sensing dan intuition dapat melakukan percobaan terhadap solusi yang mungkin dengan melakukan perhitungan pada solusi yang telah dituliskan sebelumnya. Pada fase evaluation, peserta didik dengan gaya belajar sensing melakukan pemeriksaan kembali jawaban dengan menggunakan rumus yang sering diberikan. Sedangkan, peserta didik dengan gaya belajar intuition melakukan pemeriksaan kembali jawaban dengan menggunakan dua cara yang berbeda. Pada fase acceptance/rejection, peserta didik dengan gaya belajar sensing dan intuitif dapat menyimpulkan hasil pekerjaannya secara benar dan tepat. Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Proses Berpikir Reflektif, Gaya Belajar Sensing�Intuition.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Feb 2024 07:04
Last Modified: 02 Feb 2024 07:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11975

Actions (login required)

View Item View Item